Minyak Wijen, Cara Aman Turunkan Kolesterol

Kadar kolesterol
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Penelitian yang baru-baru ini dilakukan, menemukan formula yang sangat bersahabat untuk mengikis kolesterol dan darah tinggi. Bukan berupa obat, tetapi campuran bahan alami yang digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Bahan ini adalah campuran minyak wijen dan minyak dedak padi (bekatul). Pada tahap studi yang melibatkan 300 pasien hipertensi di New Delhi, India, sepertiga dari mereka diberikan obat umum yang disebut nifedipin. Dan sepertiga lainnya diberikan satu ons minyak wijen dan bekatul untuk memasak. Sementara, kelompok ketiga menggunakan obat dan juga campuran bahan ini. Mereka mengkonsumsinya selama 60 hari.

Para peneliti menemukan bahwa dari ketiga kelompok tersebut, termasuk mereka yang tidak mengkonsumsi obat, semuanya mengalami penurunan tekanan darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Namun, secara spesifik, para peserta yang memilih mengkonsumsi obat umum dan memasak dengan campuran minyak wijen dan bekatul memiliki keuntungan lebih besar dalam hal tekanan darah. Ini karena tekanan darah sistolik dan diastolik turun drastis, jika dibandingkan dengan kedua kelompok lainnya.

Para peneliti pun menemukan, bahwa mereka yang memasak menggunakan campuran minyak wijen dan bekatul memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Minyak wijen dan bekatul mengandung lemak jenuh yang rendah dan dapat memperbaiki tingkat kolesterol pasien," kata peneliti Dr Sankar Devarajan, MD, Ph.D., seorang ilmuwan penelitian di Universitas Fukuoka Chikushi Hospital di Jepang.

"Selain itu, kedua minyak tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, minyak ini patut digunakan sebagai pengganti minyak biasa yang kurang sehat dan mengandung banyak lemak," tambahnya seperti dikutip Huffington Post.

Namun, para peneliti mencatat bahwa ini adalah campuran minyak unik yang dibuat khusus untuk studi, dan orang-orang tidak dapat membuat minyak ini di rumah. Penelitian ini mereka anggap sebagai salah satu pencerahan di masa depan, bagi para produsen minyak, agar lebih meningkatkan produksi minyak yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya