Deteksi Jenis Kanker Melalui Kulit

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • www.alternative-cancer.net

VIVAlife - Kabar baik dari dunia medis. Temuan ini memungkinkan Anda untuk melewatkan pemeriksaan biopsi. Sebuah teknik optik yang memungkinkan para dokter untuk melihat berbagai jenis kanker melalui lapisan kulit. Gambar resolusi tinggi 3D yang dihasilkan, dapat memetakan jaringan pembuluh darah di bawah kulit.

Penelitian, yang diterbitkan di Optical Society Journal Biomedical Optics Express ini, membantu dokter mendiagnosa lebih baik, memantau, dan mengobati kanker kulit dan berbagai kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis. Teknik ini disebut tomografi koherensi optik.

Sebenarnya teknologi ini sudah digunakan oleh para dokter untuk melakukan pemeriksaan mata. Namun kini para ahli dermatologi menggunakannya untuk mendeteksi kanker. Para peneliti dari Medical University Vienna (MUW) Austria dan Ludwig-Maximilians University di Munich, Jerman, mencoba menggunakannya untuk melihat jaringan di bawah kulit.

Mereka menguji sistem pada berbagai bagian kulit, termasuk telapak manusia yang sehat, bagian lengan yang terkena alergi akibat eksim, dermatitis di dahi, dan kanker kulit pada wajah.
 
"Kondisi jaringan vaskular memberikan informasi penting tentang kesehatan jaringan dan gizinya," kata Rainer Leitgeb, pemimpin peneliti di MUW.

Teknologi ini juga menunjukkan struktur jaringan dan mengungkapkan pola pembuluh darah, yang membawa petunjuk penting tentang penyakit. Sistem ini juga dapat digunakan oleh dokter untuk menilai seberapa cepat tumor menyebar, serta memantau efektivitas pengobatan seperti kemoterapi. (umi)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024