Tiga Pijatan Pendeteksi Kanker Payudara

Ilustrasi Kanker Payudara
Sumber :

VIVAlife - Selain kanker reproduksi, kaum wanita juga sangat rentan pada kanker payudara. Umumnya, gejala ini diawali dengan benjolan kecil di area payudara. Pertumbuhannya pun semakin cepat jika tak segera ditangani.

Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI adalah langkah awal untuk mendeteksi kanker payudara. Waktu yang baik untuk pemeriksaan yaitu saat hari ke-10 dari awal menstruasi. Akan lebih baik jika Anda melakukannya saat mandi, gerakan meraba dengan lembut akan lebih mudah karena adanya sabun saat mandi.

Berikut ini adalah tiga langkah pemeriksaan payudara yang dapat Anda coba di rumah. seperti yang dilansir Body and Soul:

1. Kamar mandi

Taruh tangan kiri Anda di belakang kepala. Gunakan tangan Anda untuk memijat melingkar bagian payudara sebelah kiri untuk melihat adanya benjolan atau tidak. Berikan tekanan dengan kuat untuk merasakan lebih dalam.

2. Cermin


Setelah mandi, Anda dapat memeriksa payudara di depan cermin. Carilah perubahan warna atau bentuk pada bagian payudara dengan cara menarik kulit ke ujung ketiak. Letakkan tangan Anda di pinggul dan dorong bahu Anda ke depan untuk memeriksanya kembali.

3. Berbaring

Baring menghadap ke kiri dengan membengkokkan kedua lutut Anda. Letakkan bantal atau handuk mandi yang telah dilipat di bawah bahu sebelah kanan untuk menaikkan bagian yang akan diperiksa. Kemudian letakkan tangan kanan Anda di bawah kepala. Gunakan tangan kiri Anda untuk memeriksa payudara kanan. Gunakan telapak jari-jari Anda untuk memeriksa sembarang benjolan atau penebalan. (umi)

Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia
Juru Bicara MK, Fajar Laksono.

MK Tak Pertimbangkan Amicus Curiae yang Masuk Lewat dari Tanggal 16 April 2024

MK mengaku tak mempertimbangkan amicus curiae atau sahabat pengadilan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang diajukan lebih dari tanggal 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024