Lezatnya Salad Unik dari Kaktus

salad kaktus
Sumber :

VIVAlife - Kaktus yang dikenal sebagai tanaman, kini bermetamorfosis dalam bentuk sajian menu lezat. Mungkin ini terdengar aneh, mengingat pada seluruh bagian tanaman ini ditumbuhi duri. Ternyata, di Amerika, kaktus sudah dikenal sebagai bahan makanan sejak tahun 1540. Adalah Francisco Vasquez de Coronado dan anak buahnya, penemu kota legendaris Cibola, Amerika, yang mengawali eksperimen menyantap kaktus ini.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Di Meksiko, kaktus malah menjadi salah satu bahan makanan terlezat dan sekaligus menyehatkan. Yang terkenal adalah salad nopales dengan rasa sedikit asam. Nopales merupakan jenis kaktus di Meksiko yang berbentuk pipih seperti bantalan dan berduri. 

Biasanya orang-orang Meksiko mengolah kaktus ini dengan cara dipanggang, digoreng, atau sebagai bahan salad dengan dressing saus salsa. Mereka juga mencampurkannya pada sup, muffin, atau sekadar diisi dengan keju. Sedangkan buah kaktus diolah menjadi selai, jeli, sirop, saus, sebagai tambahan es krim, kue, salad dressing, atau pendamping minuman tequila sebagai pengganti jeruk nipis.

Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Tertarik mencoba? Anda juga bisa membuatnya sendiri. Karena kaktus segar masih sulit ditemui, And  bisa membeli kaktus kemasan kaleng di pasar swalayan. Biasanya berlabel 'Nopalitos'.

Untuk mengolah kaktus ini, Anda harus menghilangkan duri-durinya terlebih dahulu. Kemudian direbus di dalam air mendidih. Berikut resep salad kaktus (Salad Nopales)  yang dapat Anda coba:

Bahan-bahan

1 kaleng (26 ons) nopalitos
1/2 cangkir ceri yang sudah dibelah dua
1 avokad, kupas, potong kotak-kotak
1 cangkir jicama (sejenis umbi-umbian Meksiko) yang telah dikupas dan diiris
1 cangkir kacang hitam kalengan, bersihkan dan tiriskan
1 cangkir jagung beku
1/2 cangkir daun ketumbar cincang
2 buah jalapeno peppers, iris kotak-kotak
6 sendok makan air jeruk nipis
1/4 cangkir minyak sayur
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 cangkir keju cheddar yang sudah diparut. Anda dapat menggunakan queso fresco (keju Meksiko) untuk rasa yang lebih maksimal.

Cara membuat

1. Campur kaktus dengan ceri, avokad, jicama, kacang hitam, jagung, daun ketumbar, dan jalapeno. Simpan dalam lemari pendingin, sisihkan.
2. Saus: Campurkan air jeruk nipis, minyak, gula, dan garam lalu aduk rata.
3. Tuangkan saus di atas sayuran.
4. Taburkan keju di atasnya, sajikan segera.

Klasemen MotoGP 2024: Menang di Jerez, Pecco Bagnaia Ancam Posisi Jorge Martin

Untuk 8 porsi

sorot gempa bumi - Lanskap kawasan Monas Jakarta

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

BPBD DKI mengungkap tiga sumber ancaman gempa di wilayah DKI Jakarta dan pengungkapan sumber ancaman tersebut sebagai upaya untuk memitigasi bencana.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024