Waktu Tidur Terbaik Sesuai Jam Biologis

Tidur nyenyak
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Manusia memiliki irama sirkadian atau jam biologis, yang mengatur aktivitas alami tubuh selama 24 jam. Tak hanya mengatur makan dan tidur, irama sirkadian juga mengatur waktu terbaik bagi tubuh untuk istirahat, olahraga, bekerja, bahkan bercinta. 

Menyelaraskan aktivitas sehari-hari dengan irama sirkadian merupakan jalan terbaik untuk mewujudkan kualitas hidup maksimal.

"Irama sirkadian adalah siklus yang berlangsung selama 24 jam, bekerja meregulasikan produksi kimia dan sistem hormonal dalam tubuh," kata Dr Eddy Karta dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kepada VIVAlife.

Tidur tepat waktu adalah salah satu upaya menyelaraskan irama sirkadian. Sementara begadang dianggap sebagai tindakan melawan irama sirkadian yang potensial memicu masalah kesehatan jangka panjang.

Banyak kemungkinan terjadi ketika kita memiliki kebiasaan begadang. Mulai dari peningkatan risiko penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler hingga penurunan kemampuan daya ingat.

Lalu kapan waktu terbaik tidur? Profesor Jim Horne dari Pusat Penelitian Tidur Universitas Loughborough mengatakan bahwa waktu terbaik mengistirahatkan raga dan pikiran adalah sekitar pukul 22.00 atau 23.00. Di waktu ini tubuh menghasilkan hormon melatonin yang memengaruhi kualitas tidur.

Demi mendapatkan kualitas tidur terbaik, usahakan tidur cukup sekitar 7-8 jam semalam. Hindari pula makan, membaca atau menonton televisi di tempat tidur. "Disiplin melakukan ini akan memaksimalkan produksi melatonin dan menyingkirkan radikal bebas," kata Horne. (umi)

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan
Anak tantrum.

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Orang tua tidak perlu khawatir karena tantrum anak adalah hal yang wajar. Orang tua dapat mengatasi tantrum anak dengan benar melalui identifikasi jenis tantrum.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024