Bondan Prakoso: Sekarang Era Kelam Industri Musik

Penyanyi Bondan Prakoso
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Sebagai seorang musisi, Bondan Prakoso mengakui industri musik Indonesia saat ini tengah mengalami kesulitan. Bahkan RBT dan penjualan album pun, tak bisa diharapkan karena saat ini banyak sekali situs yang menyediakan unduh lagu gratis. 

Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran

Selain itu, kata Bondan, tren off-air pun lebih banyak didominasi boyband dan girlband. Menurutnya, era ini merupakan masa-masa kelam industri musik. Tak dipungkiri, bapak satu anak itu menjadi makin kurus karena terlalu banyak memikirkan industri musik Indonesia.

"Dahulu masih bisa tertolong RBT. Dahulunya lagi, pembajakan belum banyak. Sekarang kompleks, RBT nggak bisa diharapkan dan pembajakan makin menggila. Digital pun nggak naik-naik. Saya bilang, ini dark ages of music industry," ujarnya saat dijumpai di kawasan Kebon Jeruk, Senin, 8 Oktober 2012. 

Berpantun, Dubes Iran Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Rakyat Indonesia

Jauh dalam hatinya, vokalis Fade 2 Black itu sangat berharap pada pemerintah untuk bisa membatasi situs penyedia unduh gratis di Indonesia. Selain itu, ia juga mengimbau pada para musisi untuk mulai menyiapkan jalur-jalur kreatif lain yang bisa membantu eksistensi mereka. 

Pada akhirnya, kata Bondan, semua tidak bisa bergantung pada siapa-siapa. "Para musisi, di tahun 2012 ini semua harus punya spirit indie, semangat the i way, do it yourself. Maintain fans, interaksi sama mereka, bikin inovasi, merchandise, sampai direct selling," kata mantan penyanyi cilik ini menyarankan. (adi)

Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal

Perayaan Idul Fitri 2023 di Gedung Putih

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Berikut beberapa ide ucapan lebaran dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam berkirim pesan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024