1001 Pilihan Mi Khas Korea

Ramyeon
Sumber :
  • norecipes.com

VIVAlife - Korea bisa dibilang surganya pecinta mi. Negara yang menghembuskan gelombang Hallyu ke seluruh penjuru dunia ini menawarkan pesona kuliner lewat kedai-kedai mi yang bertebaran di sudut-sudut kota.

Yang paling terkenal adalah mi soba dengan warna kecoklatan. Biasa disajikan dengan kuah kaldu daging sapi, ayam, atau ikan teri. Mau tahu apa saja jenis hidangan mi di Korea?

Bibim Naengmyon (Mi soba pedas)
Mi jenis ini juga dikenal dengan Hamheungshik naengmyeon. Disajikan dengan saus pedas berbahan paprika merah yang dihaluskan kemudian ditambah minyak wijen dan bawang putih. Cara menyantap mi ini adalah dengan air kimchi dan daging sapi. Bisa tambahkan mustard sesuai selera. Di Korea Utara, Hamheung biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Bibimguksu (Mi dicampur dengan paprika yang dihaluskan)
Alih-alih kaldu, mi ini memakai pasta paprika dengan campuran bumbu lainnya, kemudian ditambahkan sepotong telur rebus, dan irisan mentimun tipis biasanya di atasnya.

Guksu (Mi dari tepung terigu)
Mi ini adalah yang paling sederhana dari seluruh hidangan mi Korea. Mi yang dibuat dengan tepung terigu ini disajikan dengan kuah kaldu ikan teri dengan kimchi kubis. Ini adalah salah satu hidangan mi termurah di Korea. Anda dapat dengan mudah menemukan kios-kios yang menjual hidangan ini di sepanjang jalan di pasar tradisional disana.

Garnish yang sering digunakan termasuk gidan yang diiris tipis, kuning telur yang dimasak dengan cara pan-fried dan putih telur. Juga timun yang diiris tipis-tipis. Hidangan ini biasa dinikmati dengan saus yang dibumbui dengan ikan asin dan rumput laut dan kimchi.

Hoe Naengmyon (Mi soba dengan ikan mentah)
Mi soba ditutupi dengan ikan mentah yang telah diiris dengan cuka panas dan saus lada. Cara menyantapnya dengan menambahkan mustard sesuai selera.

Japchae (Campuran sayuran dan mi)
Hidangan ini merupakan panganan yang sangat umum dihidangkan di pesta-pesta perayaan Korea atau acara khusus lainnya. Japchae adalah hidangan favorit penduduk Korea. Menggabungkan hampir semua pilihan sayuran lokal yang ditumis secara terpisah dengan minyak.

Bahan-bahan lain yang digunakan antara lain daging sapi yang diiris memanjang dan mi yang terbuat dari kentang dan ubi jalar. Setelah masing-masing bahan telah ditumis dan mi selesai dimasak dan dipotong pendek-pendek, semua bahan tersebut digabungkan, ditumis dengan cepat, dan dibumbui dengan kecap, minyak wijen, dan gula.

Jjol-myeon (Mi tebal yang dicampur dengan sayuran segar)
Hidangan ini pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1970 di Incheon. Kini, menjadi salah satu hidangan khas Incheon yang sangat populer di kalangan anak muda Korea. Tekstur mi yang tebal terasa khas dengan campuran paprika halus dan berbagai sayuran segar, seperti tauge, mentimun, wortel.

Kalguksu (Mi buatan tangan)
Adonan untuk mi dalam hidangan ini terbuat dari tepung terigu dan tepung kedelai kering yang belum diolah. Adonan dibuat setipis mungkin. Mi tersebut dibumbui dengan saus yang terbuat dari kecap, garam wijen, daun bawang, bawang putih, minyak wijen, dan merica bubuk. Versi lain mi ini yaitu makkuksu dan naengkongkuksu. Biasanya disajikan dengan kimchi baechu dan kkaktugi.

Makguksu (Mi soba dengan sup ayam)
Adonan mi dibuat dari soba dan tepung kentang, dengan kadar soba lebih banyak. Sebelum disantap, mi dibumbui dengan pasta cabai (goch'ujang), kaldu ayam dan sup kimchi. Mi ini seringkali disajikan dengan nokdu-jeon (pancake kacang hijau) atau kamja-jeon (pancake kentang).

Mul Naengmyon (Mi soba encer)
Juga disebut P'yeongyangshik Naengmyeon yang merupakan sebutan dari masyarakat P'yeongyang (ibukota Korea Utara). Kuahnya sangat encer dengan konsistensi mendekati air. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan mustard sesuai selera.

Naengkongguksu (Mi dengan air kacang kedelai)
Naengkongkuksu menggabungkan mi dengan kaldu yang terbuat dari kacang kedelai dan hanya dibumbui dengan garam.

Ramyeon (Ramyon)
Di antara hidangan mi Korea, ramyeon mungkin yang paling dikenal di kalangan wisatawan asing. Mi ini biasanya dikemas dengan kemasan mi instan lengkap dengan bumbu rempah-rempah dan topping kering.

Ssalguksu (Mi beras)
Mi ini dibuat dari tepung beras dan terkenal sebagai mi Vietnam.

Udong (Mi Jepang)
Hidangan ini hampir menyerupai hidangan mi udon di Jepang. Tekstur mi yang digunakan lebih tebal dari hidangan mi lain di Korea. (eh)

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
Ilustrasi tenggelam

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Seorang bocah perempuan berinisial S berusia enam tahun tewas tenggelam ketika berenang di kolam renang yang berlokasi di kawasan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024