Waspadai Empat Serangan Awal Diabetes

Minum air putih.
Sumber :

VIVAlife - Tak semua orang tahu cara mendiagnosa gula dalam darah, apakah melebihi batas normal atau tidak. Gejala umum seperti mudah lelah, nafsu makan tinggi, dan mudah mengantuk pun kerap menjadi acuan awal diabetes.

Namun, bagian sulit dari deteksi diabetes untuk orang awam adalah mereka tak akan pernah tahu kapan diabetes militus masuk ke dalam tubuh, dan kapan mulai merusak organ tubuh. Hampir 25 persen orang tidak sadar jika dirinya terkena diabetes tipe 2, seperti yang dilansir Women's Day.

Gejala awal
Tanda-tanda umum dari diabetes adalah mudah lelah, gampang marah, sering haus dan buang air kecil. Fase ini tak berjalan dalam waktu yang bersamaan, melainkan secara bertahap. Gejala ini akan semakin berkembang jika dipacu dengan tingkat stres yang tinggi dan kurang tidur.

Jamur
Apakah Anda sering terkena infeksi jamur? Kadar gula yang lebih dalam darah dapat memicu pertumbuhan jamur. Infeksi yang berulang menjadi sinyal kalau tubuh tak memproses gula dengan benar.

Faktor risiko

Riwayat keluarga diabetes dan obesitas menjadi faktor seseorang terkena diabetes. Bagi wanita hamil yang memiliki masalah diabetes gastional, memiliki risiko dua kali lipat terkena diabetes tipe 2. Hal ini juga akan terjadi pada penderita penyakit jantung. Masalah jantung memberikan peluang seseorang untuk terkena diabetes.

Jangan mengabaikan pra diabetes
Pra diabetes adalah kondisi di mana seseorang memiliki kadar gula lebih tinggi dari batas normal. Namun, kondisi tersebut tidak memenuhi syarat diabetes. Tapi, jika Anda tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi, lonjakan gula darah yang tidak signifikan akan membawa Anda bergabung pada penderita diabetes tipe 2. (umi)


Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024