Mengenal Aneka Sup Negeri Rusia

Okroshka sup dingin rusia
Sumber :
  • rbth.ru

VIVAlife - Kuliner Rusia memiliki berbagai macam hidangan dari jaman kekaisaran Rusia, Federasi Rusia dan Republik bekas Uni Soviet seperti Ukraina dan Kazakhstan. Makanan Rusia banyak dipengaruhi oleh Asia Tengah, Asia Timur dan Prancis.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Sup adalah salah satu hidangan khas Rusia. Beberapa sup tradisional Rusia adalah borscht, shchi, ukha, rassolnik, solyanka, botvinya, okroshka, dan tyurya. Namun sup khas Rusia terbagi dua jenis yaitu sup yang dihidangkan panas dan sup yang dihidangkan dingin yang biasa dikonsumsi saat musim panas. Mau tahu apa saja?

Sup Dingin

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Okroshka
Okroshka adalah sup dingin yang terbuat dari kvass atau sour milk. Okroshka juga merupakan salad. Bahan utamanya adalah dua jenis sayuran yang dapat dicampur dengan daging atau ikan rebus dingin dalam proporsi 1:1. Jenis sayuran pertama yang harus dipakai adalah yang memiliki rasa yang netral, seperti kentang rebus, lobak, wortel, atau timun. Jenis sayuran kedua harus pedas, seperti bawang merah, tanaman herbal, peterseli, seledri, dan lainnya. Untuk sentuhan akhir, ditambahkan krim yang terbuat dari telur rebus atau smetana yaitu heavy cream.

Tyurya
Tyurya adalah hidangan sup yang hampir sama dengan okroshka, perbedaannya adalah tyurya menggunakan kvass atau sour milk. Hidangan ini merupakan makanan yang umum disantap saat masa-masa sulit Rusia seperti pada saat Revolusi Rusia, Perang Dunia I dan II oleh masyarakat kelas bawah disana. Karena hidangan ini terbilang sederhana, maka sering disantap saat puasa religius.

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja

Botvinya
Botvinya adalah jenis lain sup dingin khas Rusia. Nama sup ini diambil dari kata dalam bahasa Rusia, "botva" yang berarti pucuk daun atau akar sayuran. Sup ini terbuat dari puvuk daun buah bit yang masih muda, timun dan buah lainnya yang ditambahkan sour milk, mustard, bawang putih dan bumbu lainnya.


Sup Panas

Shchi
Shchi sup ini memiliki bahan utama yaitu kubis. Banyak bahan yang dipakai untuk membuat shchi, namun komponen yang wajib digunakan adalah kubis, daging (ikan atau jamur), wortel, basil, bawang bombay, seledri, bawang putih, merica dan komponen yang memiliki rasa sour seperti smetana, apel, sauerkraut, dan air acar. Sup ini biasa disantap dengan roti.

Ukha
Ukha sebenarnya tidak dapat dikatakan sebagai sup ikan. Ukha awalnya merupakan sebutan atau nama kaldu ikan yang pertama kali dibuat pada abad 17. Pada jaman dulu nama ini pertama kali diberikan pada kaldu daging tebal, dan kemudian kalduĀ  ayam. namun, mulai dari abad ke-15, ikan lebih banyak dan lebih sering digunakan untuk mempersiapkan ukha, sehingga menciptakan hidangan yang memiliki rasa khas sup. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat sup ini adalah berbagai macam ikan air tawar.

Rassolnik
Rassolnik adalah sup panas yang dibuat dengan air acar timun yang memiliki rasa asin dan asam. Nama hidangan ini berasal dari kata Rusia "rassol" yang berarti air garam (acar air). Acar air dikenal untuk digunakan sebagai dasar untuk membuar sup dari abad ke-15. Beberapa bahan yang biasa ditambahkan ke dalam sup ini antara lain adalah jeroan ayam atau unggas lain, ginjal dan hati sapi.

Kal'ya
Kal'ya adalah hidangan yang sangat umum dihidangkan di Rusia, pertama kali pada abad 16 atau 17. Sup ini hampir menghilang dari dunia kuliner Rusia. Teknik memasak sup ini sama dengan ukha, namun ditambahkan acar timun, air acar, lemon, dan air perasan lemont ke dalam kaldunya. Hanya ikan yang mengandung banyak lemak yang dipakai untuk membuat sup ini. Terkadang juga ditambahkan kaviar.

Solyanka
Solyanka sup kental yang mengkombinasikan komponen schi (kubis, smetana) dan rassolnik (air acar dan acar timun), beberapa bumbu seperti zaitun, caper, tomatm lemon, air perasan lemon, kvass, serta jamur yang telah diasinkan atau diacar. Terdapat tiga jenis solyanka yaitu yang terbuat dari kaldu daging, kaldu ikan dan kaldu jamur atau kaldu sayuran. Semua jenis sup ini juga dicampur dengan air acar timun.

Lapsha

Lapsha adalah sup yang berisi mi. Hidangan ini diadopsi oleh masyarakat Rusia dari bangsa Tatar. Saat ini hidangan lezat tersebut memiliki tiga variasi yaitu ayam, jamur dan susu. Cara memasak ketiga jenis sup ini pun tidak sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan mi yang kemudian direbus di dalam air kaldu. Mi yang digunakan adalah mi yang terbuat dari tepung terigu biasa atau buckwheat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya