Studi: Penurunan Berat Badan Tingkatkan Libido

Lingkar pinggang atau diet
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Wanita yang ingin memperoleh keturunan kerap dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian baru menunjukkan tubuh yang lebih langsing membantu terjadinya kehamilan bukan karena meningkatkan ovulasi, tapi meningkatkan nafsu seksual wanita.

Tim peneliti dari Penn State College of Medicine mempelajari bagaimana operasi lambung untuk menurunkan berat badan mempengaruhi fungsi reproduksi pada 29 wanita gemuk tak sehat. Tim mengambil sampel urin untuk mengukur hormon ovarium selama siklus menstruasi.

Pemimpin tim studi, Dr Richard Legro, mengatakan,  "Obesitas pada wanita dikaitkan dengan kurangnya ovulasi dan akhirnya infertilitas. Obesitas terutama berpusat di perut sehingga kerap dikaitkan dengan kurangnya ovulasi penyebab penurunan peluang hamil," katanya seperti dikutip Daily Mail.

Mereka terkejut karena menemukan bahwa tingkat ovulasi tetap tinggi pada semua responden, baik sebelum operasi hingga dua tahun pasca operasi gastric bypass.

Kualitas ovulasi juga tetap tidak berubah. Satu satunya perubahan yang terlihat adalah pemendekan dari paruh pertama dari siklus menstruasi dari akhir menstruasi sebelumnya hingga pelepasan telur. Peserta melalui kuesioner mengatakan mereka mengalami penurunan berat badan memiliki gairah seksual yang makin tinggi. Menurut peneliti, inilah yang menyebabkan wanita melakukan hubungan seks lebih sering.

"Dampak penurunan berat badan pada fungsi reproduksi lebih sederhana daripada hipotesis kita. Dalam hal ovulasi, operasi bukanlah jendela untuk meningkatkan kesuburan. Jendela itu terbuka setiap saat. Faktor-faktor lain mungkin terlibat dengan infertilitas pada wanita obesitas kemungkinan keinginan seksual yang berkurang," ujar Legro.

Temuan yang dimuat dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism juga menguatkan temuan lainnya. Studi menyimpulkan, penurunan berat badan akan meningkatkan hasrat seksual pada pria obesitas.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine, menemukan kehilangan lima persen dari berat badan akan meningkatkan kadar testosteron pria dan membantu mereka bertahan lebih lama saat berhubungan seks. (ren)

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024