VIVALIFE

Surga Para Pelancong di Asia

Wisatanya sangat menggiurkan, eksotis, dan kental tradisi.
Senin, 22 Oktober 2012
Oleh : Wuri Handayani, Tasya Paramitha
Boracay, destinasi paling sejuk di Filipina.

VIVAlife - Berbicara mengenai liburan, plesir, traveling, melepaskan penat, bertualang, atau apapun istilahnya, sepertinya Anda harus mulai menjelajah tempat-tempat yang menjanjikan suasana perubahan. Mengambil cuti tiga atau satu minggu sepertinya penting untuk meremajakan otak, atau tubuh yang rasanya membutuhkan ekstra energi lagi untuk dapat memulai kembali rangkaian aktivitas.

Hidup memang tidak hanya dari rumah ke kantor, tapi juga traveling. Ini mungkin dapat menjadi definisi baru cara menikmati hidup yang benar. Adanya keseimbangan antara pekerjaan dan liburan. Coba untuk keluar dari kota Anda, dan mengintip kota-kota lain demi perubahan ini.

Biasanya orang-orang "kita" akan mulai menyisir kota-kota terdekat, lalu berkeliling Indonesia, baru kemudian menyambangi negara-negara sebelah. Kawasan Asia ini memang menyajikan atmosfir yang berbeda dengan negara-negara di belahan benua lainnya. Lebih eksotis!

Belum lagi kultur tradisi yang masih melekat. China misalnya, budaya dari zaman nenek moyang pun masih tetap berlaku hingga sekarang. Ini yang justru membuat penasaran para wisatawan. Atau Vietnam yang masih menawarkan kota tua dengan lalu lalang sepeda, dan wisata mengarungi sungai menggunakan perahu di tengan modernisasi seperti ini.

Anda juga bisa menapaki Filipina yang demikian kondang dengan pulau dan pantai-pantainya yang super bersih. Mari kita tilik destinasi paling menarik di tiap negara. Anda hanya perlu menyiapkan waktu, kekaguman, kamera untuk merekam segala momen, dan anggaran yang terhitung masih terjangkau.

1. Vietnam

Untuk kawasan Asia, Vietnam sepertinya tidak boleh disepelekan. Negara ini bahkan berani menyebut diri sebagai pilihan wisata terekomendasi. Buktinya, dalam lima tahun terakhir, Vietnam banyak membangun penginapan dengan berbagai standar untuk para wisatawannya. Mulai dari kelas backpacker, motel, hinga hotel-hotel mewah berstandar internasional.

Ini juga menjelaskan bahwa Vietnam dapat dikunjungi berbagai kalangan. Umumnya hotel dan penginapan di Vietnam dibangun dengan arsitektur modern atau malah dengan gaya klasik kolonial. Jika ingin merasakan sensasi lain, Anda juga dapat menyewa cyclo alias becak untuk berkeliling menikmati pemandangan kota. 

Hanoi: Berkenalan Dengan Penguasa

Tempat pertama yang harus dikunjungi tentunya Ho Chi Minh Mausoleum. Bangunan megah ini seperti merangkum sejaran Vietman. Anda dapat mempelajari sejarah Vietnam di sini. Di tempat ini juga terdapat jasad Ho Chi Minh. Diktator komunis Vietnam yang pernah menjabat sebagai perdana menteri dan presiden Vietnam. Namun, jika berkunjung ke tempat ini Anda harus rela berdiri di antrian masuk. Terlebih untuk musim liburan, pengunjungnya dapat berlipat-lipat dari hari biasa.

Selain bertemu jasad Ho Chi Minh, Anda juga dapat melihat rumah tinggal Ho Chi Minh saat berkuasa. Rumah ini dinamakan Ho Chi Minh Stilt House. Segala macam barang, dari mobil pribadi, serta perabotan rumah yang digunakan masih dijaga keasliannya. Tapi sayangnya, turis tidak diizinkan mengambil foto di area ini.

Untuk menikmati rasa tradisional, coba menyambangi Golden Dragon Water Puppet Theatre. Para wayang yang dimainkan ini akan melakukan atraksinya di dalam air dengan gerakan akrobatik.

Di sini Anda juga akan menemukan Temple of Literature yang merupakan pusat pendidikan pertama di kota Hanoi. Area yang lumayan besar ini memiliki tempat show di bagian belakang. Menampilkan para pemusik setempat yang mengusung musik khas Vietnam.

temple of literature vietnam

Selain itu Anda juga dapat mengunjungi kuil yang berada di tengah danau Hoan Kiem dam Hoa Lu Prison, yang merupakan penjara kuno zaman kependudukan Perancis di Vietnam. Satu lagi kuil yang banyak diburu wisatawan adalah kuil di Tam Coc. Agak jauh dari Hanoi, sekitar dua setengah jam perjalanan.

Kuil ini merupakan tempat pemujaan Raja Dinh dan Raja Le, pemerintah Vietnam di Hoa Lu, sebelum pindah ke kota Hanoi. Ingin mencoba wisata seru lainnya? Anda dapat mencoba sampan ride saat kembali dari Tam Coc. Menikmati pemandangan sambil mengarungi sungai dengan sampan tradisional. Rute perjalanan ini melalui gunung batu serta gua-gua di bawah kaki gunung yang berhiaskan stalaktit dan stalakmit yang indah. Wow!


tam coc vietnam

 

Siapkan Dana:

Mata Uang Vietnam adalah dong ditulis VND.

1 USD = 21.000 VND, 1 Rp = 0.59 VND

Transportasi

Dari bandara, Anda dapat menumpang  bus umum sampai ke pusat kota. Ongkos pun cukup  murah, hanya 3.000VND/ orang, atau setara dengan Rp1.500/orang! Bus ini beroperasi hanya sampai jam 7 malam saja. Pilihan transportasi lainnya, taksi yang dapat memuat hingga delapan penumpang. Ini bisa jadi alternatif terbaik untuk berkendara disini, karena harga yang harus dibayarkan bisa di-share dengan jumlah orang yang ikut naik taksi.

Hotel

Rising Dragon Palace Hotel: Hotel ini terletak di Nguyen Quang Bich Street, Hoan Kiem District- Old Quarter, Hanoi. Tempat yang terbilang strategis untuk menikmati kota Hanoi. Untuk kamar deluxe, tarifnya sekitar Rp400 ribu per malam.

Hanoi Aurora Hotel: Ini merupakan hotel bintang dua. Terletak di Ma May Street, Hoan Kiem District- Old Quarter, Hanoi. Dulunya, hotel ini bernama Hanoi Emerald Hotel. Harga kamarnya mulai dari Rp200 ribu per malam.

Kuliner

Anda harus mencicipi Pho. Makanan khas Vietnam berupa kwetiau kuah dengan daging dan sayuran seperti tauge, kemangi, dan yang lainnya. Kwetiau ini dijual dengan harga 30.000-45.000 VND. 

 

Ho Chi Minh: Mencicipi udara Perancis

Belahan Vietnam yang lainya adalah Vietnam bagaian selatan yang juga menawarkan eksotisme bangunan-bangunan tua. Di kota yang dikenal dengan sebutan Saigon ini, Anda akan banyak mendapati patung Paman Ho, sebutan untuk Ho Chi Minh. Kotanya lebih modern jika dibandingkan dengan Hanoi. Bangunan-bangunan bergaya Perancis masih berdiri kokoh di sepanjang jalan. Ada juga taman Little Paris yang konon mirip dengan Champs Elysees di Paris.

Anda harus bersabar dengan lalu lalang jalanan yang dipenuhi dengan motor, kota ini memang terkenal dengan kepadatan motor yang merupakan transportasi utama. 

Tempat menarik lainya yang harus dikunjungi adalah istana Presiden kuno Reunification Palace. Istana ini dulu aktif digunakan, sebelum akhirnya istana Presiden dipindahkan ke Hanoi. Jika ingin melihat gambaran perang Vietnam zaman dulu, Anda tinggal melangkahkan kaki ke Museum of War. Atau jika ingin membawa pulang oleh-oleh berupa kerajinan kayu, silakan ke Tay Son. Anda akan mendapatkan kerajinan kayu berhias kulit telur dan cangkang mutiara.

Pasar tradisional lainnya yang juga menyediakan segala kebutuhan dan sovenir bagi para wisatawan adalah Ben Tanh Market. Anda harus pintar-pintar menawar jika ingin mendapatkan harga terbaik. Harganya bisa turun hingga sepertiga harga yang ditawarkan. 

Berbagai macam barang kerajinan  bisa didapatkan di sini. Atau supaya afdol, Anda harus membeli pakaian khas Vietman yang disebut Ao Dai. Berupa satu pasang celana dan atasan berbentuk mirip baju kurung. Juga masakan olahan dari daging siput yang rasanya menyerupai cumi-cumi.  

Hotel

Yellow Hostel: Bui Vien district 1, daerahnya para backpacker dari seluruh dunia. Tarif menginap US$7 per malam. 

Phoenix 74 Hostel: Ho Chi Minh City, harganya sekitar US$13 per malam, dengan kapasitas kamar untuk dua orang.

Hotel Nguyen Khang: 283/25 Pham Ngu Lao Street, District 1 Ho Chi Minh City. Biayanya US$11 per malam. Fasilitasnya cukup lumayan, air hangat, dan sarapan yang sudah disediakan. 

Dari bandara masih harus melanjutkan mengunakan taksi menuju pusat kota. Jika Anda ingin mengunjungi Hanoi dari Saigon, perjalanannya cukup jauh, sekitar 1 jam 10 menit menggunakan pesawat.    

Ingin menyaksikan keindahan alam Vietnam? Simak di video ini. 

2. Filipina

Beragam pesona wisata Filipina menanti Anda dengan destinasi yang juga tidak kalah eksotis. Salah satunya Boracay, yang terletak di sebelah Selatan Pulau Luzon. Pulau ini termasuk tujuan wisata yang populer karena memiliki pantai dengan pasir putih yang sangat bersih. Atau ke Manila yang menyajikan bangunan-bangunan tua bergaya Eropa dengan sejarahnya.

Boracay: Negeri kesejukan

Selain pantai yang bersih, ombak besar dan anginnya yang kencang, membuat Boracay menjadi tempat ideal bagi para penggila olahraga air. Diving, snorkling, sea walking, jet ski, parasailing, atau sekadar island hopping ke beberapa pulau kecil di sekeliling Boracay.

 

boracay

 

Untuk menuju ke Boracay, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Dari Manila menggunakan pesawat kecil menuju kota Kalibo di Kepulauan Panay. Ini memakan waktu 45 menit. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan dengan bis selama dua  jam ke pelabuhan di Caticlan, baru Anda dapat menyeberang menuju Pulau Boracay dengan perahu selama 20 menit.

Angkutan umum disana adalah tricycle. Yakni, motor yang memiliki bangku penumpang di sisi kanannya.

Boracay sendiri mempunyai dua pantai utama, Bulabog Beach dan White Beach. Butuh 15 menit saja untuk berjalan dari Bulabog ke White Beach atau sebaliknya. White Beach bisa dibilang merupakan pusat keramaian Boracay. Banyak tempat makan dan penginapan mulai dari yang sederhana sampai yang eksklusif. Selain itu berderet tempat hiburan malam dan toko suvenir.

White Beach dibagi menjadi tiga area yang disebut Station 1, 2 dan 3. Station 1 adalah tempat dimana terdapat hotel-hotel ternama. Station 2, yaitu pusat keramaian pulau dan hiburan malam, lalu Station 3 yng merupakan area dimana terdapat banyak penginapan yang murah ala backpacker.

Di sekeliling Boracay terdapat pula objek wisata gua kelelawar dan Puka Beach, surganya berbagai kerang jenis Puka. Sedangkan untuk pilihan pantai selain Boracay, Anda dapat mencicipi pemandangan laut di Cebu atau Puerto Princesa yang terkenal karena sungai di bawah tanah yang mengalir langsung ke laut.

Siapkan dana:

Maskapai penerbangan Filipina, Philippine Airlines memberikan promo paket wisata 'Swingaround' ke lima destinasi di Filipina yaitu Manila, Legazpi, Cebu, Boracay, dan Puerto Princesa. Paket yang ditawarkan hingga Maret 2013 ini dibuka dari  harga 180 dollar AS atau Rp1,7 juta. Sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi, hotel 3 hari 2 malam, makan, dan transportasi menuju obyek-obyek wisata tersebut.

(Jakarta-Manila-Jakarta) ditawarkan mulai dari 180 dolar AS.

(Jakarta-Manila-Legazpi-Manila-Jakarta) mulai dari 271 dolar AS.

Cebu mulai dari 224 dolar AS

Boracay harga mulai 250 dolar AS

Puerto Princesa harga mulai dari 244 dolar AS. 

Penerbangan dari Jakarta menuju Cebu, Boracay, dan Puerto Princesa dituju melalui Manila.

Hotel 

Island Nook: Harga Rp335.000 - Rp690.000 per malam

La Reserve Beach Hotel: Harga Rp920.000 - Rp2.042.000 per malam

Boracay Pito Huts: Harga Rp815.000 - Rp930.000 per malam

Surfers Home Boracay: Harga Rp450.000 - Rp997.000 per malam

Boracay Kiteresort: Harga Rp192.000 - Rp633.000 per malam

 

Manila: Menelusuri kota bersejarah

Jika ingin menyambangi ibukota Filipina, yakni Manila, Anda juga akan dimanjakan dengan sederet tempat wisata yang menarik. Pusat kotanya memang terbilang padat, namun menyimpan banyak sejarah. Manila memiliki Benteng Santiago, sebuah benteng yang dibangun pada masa pendudukan Spanyol. Benteng ini merupakan penjara bagi pahlawannya sendiri, Jose Rizal. 

Untuk merasakan kesejukan taman, silahkan bersantai di taman kota, Taman Rizal. Taman ini terletak di pusat kota Manila, dengan sebuah danau replika kepulauan Philipina di bagian tengah taman. 

Jika ingin tahu segala jejak perebutan Manila dari penjajahan Jepang dan Amerika, Anda bisa mendatangi Intramuros. Kota berarsitektur Eropa yang pada tahun 1571 hingga 1898  juga digunakan sebagai pusat pemerintahan. Kota ini sempat runtuh karena bom Amerika pada tahun 1945. Suasana di sini seperti mengembalikan Anda ke masa lalu. 

Nah, jika ingin menyalurkan hobi belanja, SM Mal tempatnya. Ini merupakan tempat belanja modern di tengah bangunan-bangunan bersejarah Manila. Sekaligus menjadi mal yang terbesar dan unik, dengan instalasi bola dunia raksasa di bagian depannya. Anda bisa mendapatkan segala jenis pakaian, dari rancangan desainer lokal hingga desainer papan atas bertaraf internasional. Untuk urusan restoran juga tidak kalah lengkap, Anda tinggal berkeliling untuk mendapatkan tempat yang bersahabat dengan lidah. 

Hotel

Makati Palace Hotel: 5011 P. Burgos Corner Canceres Sts Makati City, Manila 1200. Harga mulai dari Rp370.000.

Bayview Park Hotel: 1118 Roxas Boulevard cor. United Nations Ave., Ermita Manila ES-17246. Harga mulai Rp321.000.

The A Venue Hotel Suites: Antel Lifestyle City, 7829 Makati Avenue Manila 1200. Harga mulai Rp667.000

Anda juga harus pergi ke:




 

 

TERKAIT
TERPOPULER