Efek Buruk Berat Badan Turun Drastis

timbangan badan
Sumber :

VIVAlife - Berhasil menurunkan berat badan memang jadi sebuah kepuasan tersendiri. Apalagi, jika dalam waktu yang singkat, berat badan turun drastis. Ada yang bisa turun hingga 5 kilogram dalam waktu satu bulan.

Diet ketat memang berhasil, pipi jadi lebih tirus, jins lama kembali bisa digunakan, tapi jangan senang dulu. Ada efek samping yang tak banyak diketahui akibat berat badan turun drastis.

1. Berat badan bertambah secara cepat
Cepat turun, cepat naik. Ini bisa dengan mudah terjadi karena tubuh mengakumulasi kalori ketika diet. Diet intensif tanpa memperhitungkan asupan nutrisi, membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral.

Sehingga, ketika Anda sudah merasa puas dengan berat badan sekarang dan makan seperti biasa, jangan heran kalau berat badan akan naik secara cepat. Idealnya, berat badan turun 0,5 kilogram dalam waktu satu minggu. Jika ditotal, sekitar 2 kilogram per bulan. Jadi, lakukan penurunan berat badan secara perlahan jika ingin lebih stabil.

2. Malnutrisi
Kulit kering, gusi berdarah, wajah pucat, atau rambut rontok. Ini pertanda kalau Anda mengalami malnutrisi karena diet. Jika dibiarkan, seperti dikutip dari Health Me Up, tubuh akan dengan mudah terkena penyakit karena sistem imunitas tidak bekerja dengan baik.

3. Haid tidak teratur
Hati-hati jika Anda diet ketat dan mengonsumsi pil diet, efeknya bisa buruk pada sistem reproduksi. Faktanya, diet Anda mempengaruhi fungsi dan kerja organ secara keseluruhan. Ketika pola makan dan aktivitas fisik berubah, tubuh pun melakukan penyesuaian. Termasuk hormon, dampaknya ovulasi tak berjalan seperti biasanya dan haid pun jadi tak teratur.

4. Mudah marah
Depresi, stres, emosi tidak stabil, adalah efek psikologis saat Anda melakukan diet ketat. Terutama jika terobsesi menurunkan berat badan. Hati-hati jika Anda merasa senang saat lapar dan bersalah saat kenyang. Ini pertanda kondisi psikologis mulai tak stabil karena diet. Biasanya, ini disertai dengan penurunan hasrat seksual. Anda juga jadi malas dan tak bergairah saat diajak bercinta.

5 Mahasiswa Muslim di India Terluka Akibat Ditimpuk Batu saat Salat
Momen keakraban Anies dan Cak Imin

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Pertemuan Anies dan Cak Imin juga sekaligus menunjukkan bahwa keduanya masih terlihat kompak.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024