Produk Prebiotik, Cara Kilat Dapatkan Kulit Mulus

riasan biru
Sumber :

VIVAlife - Jalan untuk menjadikan kulit indah ternyata tidak hanya dari rutinitas perawatan tubuh. Kecantikan juga berasal dari dalam perut. "Ketika tubuh dalam keadaan tidak seimbang, kulit menjadi bagian pertama yang memunculkan indikasi ketidak beresan ini," papar Ruthie Harper, MD, dokter internis spesialis obat-obatan bernutrisi terkemuka, di Austin.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Ia menyarankan Anda untuk memperhatikan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi, demi mendapatkan kesehatan kulit yang optimal. Selain buah, bahan makanan yang juga berkaitan erat dengan kecantikan adalah prebiotik. Entah itu suplemen prebiotik, ataupun mengkonsumsi makanan fermentasi seperti yogurt, butter milk, miso, kimchi, atau sauerkraut (asinan kubis). 

Makanan ini bertugas untuk menetralkan metabolisme dan kekacauan pada pencernaan yang disebabkan oleh stres dan infeksi. Dengan metabolisme yang baik, masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, eczema, serta dullness dan kerutan pun akan menjauh.  

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Prebiotik ini merupakan nutrisi yang tak dapat dicerna langsung, namun akan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh. "Apabila bakteri baik Anda tidak seimbang, bakteri beracun akan masuk dan menyebar ke dalam tubuh, termasuk kulit. Hal ini yang sering menyebabkan kulit tidak bekerja dengan semestinya," papar Frank Lipman, MD, seorang integrative physician di  Eleven Wellness Center, NYC. 

Pilihan tepat adalah produk prebiotik yang bebas gula. Anda baiknya membaca label kemasan terlebih dahulu untuk mengetahui takaran gula di dalamnya. Gula juga disebut racun bagi kulit. Seorang ahli dermatologis, Alan Dattner, mengatakan jika gula merupakan pemicu penuaan pada kulit. "Gula dalam aliran darah akan merusak kolagen dan elastin yang seharusnya bekerja untuk menjaga kulit dari kerutan."

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Dalam The Journal of the American Aging Association pun para peneliti menemukan bahwa orang dengan kadar gula darah tinggi terlihat lebih tua dibanding dengan mereka yang memiliki kadar gulanya rendah.

Mengurangi gula pada menu makan jelas merupakan solusi tepat untuk mendapatkan kulit mulus. Untuk menggantikan gula, Anda bisa mengambil sumber gula dari buah-buahan. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya