Ingin Kulit Cantik? Konsumsi Makanan Ini

Blueberry.
Sumber :

VIVAlife - Nutrisi merupakan kunci mendapatkan kecantikan kulit. Makanan tinggi vitamin E dan C, seperti buah dan sayuran hijau kemudian menjadi rujukan untuk dikonsumsi. Bahkan para wanita pun rela "puasa" makanan berlemak dan berminyak. Dokter internis dan obat-obatan bernurtisi di Austin, Ruthie Harper MD pun mengatakan jika kulit juga membutuhkan lemak untuk menjaga kesehatannya. Lemak pada ikan misalnya. Berikut jenis makanan yang juga disarankan untuk mendapatkan kulit tubuh yang sehat. 

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Biji-bijian

Lemak sehat yang kenal sebagai omega-3, layaknya ramuan ajaib untuk kulit kering. Tidak hanya sebagai anti-inflamasi, lemak juga membantu menjaga kelembaban, mengencangkan, dan menyamarkan garis halus. Penelitian menunjukkan bahwa makanan omega-3 juga menjaga kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Salmon, sarden, dan mackerel, disebut sebagai sumber omega-3 terbaik. Alternatif lain yang jug amenjanjikan kecantikan kulit adalah biji flaxseed yang ditaburkan pada oatmeal atau salad. 

Sayuran Ungu

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Cara terbaik untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh adalah dengan konsumsi makanan anti-oksidan. Seperti berries, kacang, dan sayuran hijau. Anda pun dapat mengandalkan sayuran berwarna ungu sebagai sahabat kulit.

"Kentang ungu, kol ungu, kembang kol ungu, raspberries, dan blueberries adalah bahan yang kaya akan anthocyanins, tipe anti-oksidan yang juga membantu meningkatkan sirkulasi. Aliran darah yang meningkat mampu membawa nutrisi kulit yang dibutuhkan untuk membentuk sel baru, kolagen, dan elastin," jelas Ruthie Harper, dokter internis dan obat-obatan bernurtisi di Austin. 

Rempah

"Turmeric, atau kunyit, adalah jenis bumbu kari yang mampu membantu mengurangi iritasi kulit," kata Harper. Studi terbaru melaporkan bahwa suplemen kunyit dapat meningkatkan photo protection dalam kulit untuk mencegah kerusakan oleh matahari lebih lanjut. 

Tambahkan juga jahe dan kayu manis pada masakan, kedua rempah ini tinggi anti-oksidan. Selain itu juga bersifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.  (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya