Ini Diet Selebritas yang Berisiko Bikin Gemuk

Victoria Beckham
Sumber :
  • Reuters

VIVAlife - Siapa yang tak tahu sosok tubuh tipis Victoria Beckham? Dia adalah selebritas yang menjalankan diet bebas gluten secara ketat. Gwyneth Paltrow dan Miley Cyrus juga penggemar diet bebas gluten. Artinya tak ada roti, pizza, pasta, atau kue dalam menu makanan mereka.

Namun studi baru menunjukkan, orang yang berdiet dengan memilih makanan bebas gluten lebih mungkin menjadi lebih gemuk. Sebab, gluten umumnya digantikan lemak.

Makanan bebas gluten adalah suatu keharusan orang yang mengalami penyakit celiac. Namun, gaya hidup selebriti yang mengadopsi diet ini mempopulerkan diet bebas gluten.

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Miley Cyrus adalah salah satu pendukungnya. Dia menyangkal tudingan bahwa dirinya memiliki gangguan makan. "Bagi semua yang menyebut saya anoreksia, saya alergi gluten dan laktosa. Ini bukan tentang berat badan, ini tentang kesehatan," tulisnya di akun twitternya.

Dia menambahkan,"Setiap orang harus mencoba makanan bebas gluten selama seminggu. Ada akan mengalami perubahan pada kulit, kesehatan fisik dan mental yang luar biasa. "

Tapi sebuah penelitian terbaru menyoroti efek buruk diet bebas gluten. Peneliti menemukan, makanan bebas gluten seringkali digantikan dengan lemak hingga lima kali jumlah lemak sebagai alternatif non gluten. Pakar makanan dari Asosiasi Diet Inggris Tanya Thomas mengatakan, "Orang-orang menganggap dengan memotong gluten mereka dapat menurunkan berat badan, itu hanya mitos," ujarnya seperti dikutip Daily Mail.

Sarah Sleet, Direktur Eksekutif Penyakit Celiac Inggris yang mewakili penderita Celiac mengakui memang terjadi peningkatan penderita penyakit Celiac yang merupakanĀ  penyakit autoimun. "Tapi banyak orang yang memilih produk bebas gluten karena mereka hanya ingin mengurangi asupan gandum mereka."

Ketua MUI Bidang Fatwa MUIĀ Asrorun Niam Sholeh.

MUI Harap Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jadi Momentum Rekonsiliasi Nasional

Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H tahun ini bisa jadi momentum kebersamaan umat muslim di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024