Empat Kunci Keberhasilan Diet

Lingkar pinggang atau diet
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Banyak pilihan program diet yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, begitu juga dengan susunan menu khusus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah Ayurveda. Cara kuno dari India yang menawarkan metode holistik sebagai sarana untuk menyeimbangkan tubuh.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Diet Ayurveda ini terkenal ketat dengan aturan-aturan dan sejumlah pantangan yang harus dihindari, sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing individu. Ayurveda ini juga memiliki aturan-aturan umum yang dapat Anda diterapkan dalam diet apapun. Berikut aturannya: 

Makan lebih lambat

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Aturan pertama adalah cara mengunyah makanan. Tak ada istilah, tidak punya waktu lama untuk makan. Makanan harus dikunyah hingga benar-benar lembut. Metode ini akan membantu menghindarkan Anda dari porsi makan berlebihan atau terlalu kenyang. Dengan menikmati makanan, proses pencernaan berjalan lebih lambat, untuk membiarkan sistem tubuh melakukan tugasnya secara alami.

Makanan segar

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Pendekatan Ayurveda mengajarkan kita untuk memilih jenis makanan segar. Hal ini dimaksudkan agar tubuh bisa mendapatkan nutrisi maksimal, jika dibanding dengan makanan olahan yang memungkinkan gizi akan larut dalam proses memasak. Makanan segar juga dapat membantu meningkatkan kerja pencernaan. 

Minuman hangat

Metode Ayurveda tidak menganjurkan Anda untuk memesan segala bentuk minuman dingin sebelum makan. Mungkin ini terdengar aneh, karena air dingin belum terbukti mengganggu pencernaan. Namun air hangat lebih memberi manfaat untuk proses pencernaan makanan. Ait hangat dikatakan dapat menjadi pelumas untuk organ limpa, untuk membuat Anda merasa lebih kenyang.  

Variasi makanan

Filosofi lain Ayurveda adalah menggabungkan macam-macam makanan untuk mencegah berbagai penyakit. Anda dapat mengganti lauk dengan merotasi kelompok makanan, mencoba rasa baru, dan menggabungkan rempah-rempah yang berbeda dalam satu hidangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya