« Kembali
Suka Duka Promotor Datangkan Artis Korea
"Mendatangkan artis Korea biasanya butuh pengeluaran lebih besar."
Lutfi Dwi Puji Astuti, Heryu Nandiasa
Selasa, 30 Oktober 2012, 16:57 WIB
Wonder Girls (REUTERS/Fred Prouser)
Wonder Girls (REUTERS/Fred Prouser)

VIVAlife - Sejumlah artis Korea Selatan wara wiri menggelar konsernya di Indonesia. Semua konser mulai dari Super Junior, SNSD hingga Big Bang sukses digelar di Tanah Air.

Karena antusiasme masyarakat Indonesia terhadap boyband dan girlband asal negeri Ginseng ini cukup tinggi, beberapa dari mereka bahkan menggelar konsernya hingga dua hari berturut-turut.

Marygops Studio dan Entourage Entertainment pun kembali mendatangkan penyanyi Korea terkenal. Kali ini, Wonder Girls sengaja didatangkan untuk tampil di acara konser bertajuk  “Wonder Girls Live in Concert” yang akan digelar Sabtu, 3 November 2012 mendatang di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Menurut perwakilan dari Marygops, Choky Halomon, mendatangkan artis Korea Selatan ke Indonesia memang memiliki tantangan tersendiri. "Lebih repot dari artis mancanegara lainnya, karena permintaannya yang sangat banyak. Tapi merupakan kesenangan dan kepuasan sendiri jika bisa menyelenggarakan konsernya secara sempurna," katanya pada VIVAlife.

Ia juga menilai, hingga kini, animo masyarakat Indonesia terhadap artis Korea sangat tinggi. Pangsa pasarnya juga sangat bagus, apalagi di Indonesia banyak sekali komunitas fans artis Korea dengan anggota ribuan.

"Jika animo masih seperti ini, kami juga punya rencana untuk mendatangkan beberapa artis Korea tahun depan," ujarnya.

Meski begitu, Choky pun mengakui, mendatangkan artis Korea biasanya butuh pengeluaran yang lebih besar. Riders atau kesepakatan antara si artis dengan panitia biasanya banyak sekali.

"Meskipun animo besar dan banyak yang membeli tiketnya, riders artis Korea biasanya dipenuhi oleh permintaan barang-barang mahal karena memang untuk menjaga kualitas  shownya," ujarnya.

Sama halnya dengan pihak dari Artist Agency Indonesia, Ario Dewantoro menyatakan, meski animo terhadap artis K-Pop di Indonesia cukup tinggi, namun  minat masyarakat terhadap artis-artis pop Korea sesungguhnya hanya musiman saja.

Artis Agency hanya perpanjangan tangan saja di Indonesia, sebagai pihak yang sering dimintai tolong untuk mencari promotor yang ingin mengundang artis Korea, Amerika dan lainnya main di Indonesia. Namun, penting untuk diketahui, bekerjasama dengan pihak Korea pun harus hati-hati meski memang keuntungannya saat ini sangat menjanjikan.

"Kita harus pintar, kita harus benar-benar jeli melihat situasi dan keadaan ketika melakukan deal dengan pihak mereka," katanya.

MoU harus dibaca berkali-kali. Sebab mereka berbeda dengan pihak Eropa atau Barat yang memiliki tingkat profesionalisme yang sudah teruji. (umi)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id