Wisata Pendidikan di Kampoeng Djamoe, Seru!

Kampoeng Jamu
Sumber :
  • VIVAlife/Stella Maris

VIVAlife - Indonesia adalah negara yang kaya aneka tanaman obat. Kini tak perlu bingung kemana harus melangkahkan kaki demi mengenal ragam tanaman penyembuh. Cukup mendatangi Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) Martha Tilaar, Anda sudah bisa mengetahui lebih 650 spesies tanaman obat asli Indonesia.

Tak hanya konservasi tanaman obat saja, ada pula konservasi tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar kosmetik dan aromatik untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Uniknya, lahan hijau seluas 10 hektar ini berlokasi di kawasan Industri, Cikarang.

Jika sudah mendaratkan kaki di Kampoeng Djamoe, pastinya Anda tidak akan merasa seperti berada di daerah industri. Penataan taman yang indah, sejuk, dan asri akan justru akan menggiring Anda pada suasana pedesaan.

Sesampainya di tempat ini, rasa lelah selama perjalanan akan dibayarkan dengan minuman selamat datang lemon grass tea. Selain bermanfaat untuk menyegarkan tubuh, minuman ini juga baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Saat rasa lelah menghilang, Anda akan diajak tur edukasi ke kebun herbal.

Sebagai pusat pendidikan lingkungan Anda juga dapat melakukan aktifitas seru, yaitu budidaya organik, pasca panen hingga pemanfaatan bahan tanaman. Oleh karena itu, berbagai paket pelatihan menarik ditawarkan di tempat ini. Untuk kunjungan kelompok misalnya, dengan minimal 20 orang dan maksimal 120 orang Anda sudah dapat menikmati berbagai macam kegiatan edutaiment di tempat ini.

Harga yang ditawarkan pun tak sampai menguras kantong, mulai dari Rp60ribu hingga Rp125ribu. Sebagai salah satu daerah konservasi keanekaragaman hayati, tempat ini juga kerap dimanfaatkan sebagai mediator perawatan kesehatan dan kecantikan mandiri, terutama dalam tingkat keluarga.

Anda akan diajak untuk mengenal tanaman obat dan fungsinya untuk kesehatan. Ada pula demo pembuatan minuman kesehatan dan kompos oragnik, serta praktek untuk memperbanyak tanaman. Tak hanya itu, Anda juga bisa membawa bibit tanaman obat untuk ditanam di halaman rumah.

Nah, sudah siapkah Anda mengajak rekan dan keluarga untuk belajar sambil liburan di tempat ini ?

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN
Minister of Home Affairs Retno Marsudi (ANTARA/Yashinta Difa)

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi bersama dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi menekankan bahwa Indonesia dan China sepakat mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024