Tips Sehat Lalui Trisemester Pertama Kehamilan

Wanita Hamil
Sumber :
  • http://planetsehat.com

VIVAlife - Kehamilan adalah kabar gembira bagi setiap pasangan suami istri. Namun, seringkali perubahan pada tubuh dan emosi yang menyertainya membuat sejumlah wanita tertekan.

Kelelahan, sulit makan, mual dan muntah, tubuh yang sakit, sensitif terhadap bau hingga iritasi perut merupakan keluhan yang umum terjadi di bulan-bulan awal kehamilan.

Tapi, ada hal-hal yang bisa membuat para calon ibu dapat melalui semua hal itu dengan lebih rileks. Berikut lima tips agar mampu melewati masa sulit kehamilan Anda, seperti dikutip Babble.

1. Jangan terlalu mengkhawatirkan asupan makanan yang sempurna

Lima porsi sayuran hijau dan delapan porsi protein sangat dibutuhkan di masa awal kehamilan untuk membantu tubuh melewati peningkatan hormon progesteron dengan intensitas tinggi.

Perubahan hormon juga membuat sebagian wanita hanya bisa mengasup makanan tertentu bahkan sulit menelan makanan apapun. Anda bisa makan apapun saat ini, usahakan dalam porsi kecil terutama protein hingga tubuh Anda mulai bisa makan sayuran dan asupan lainnya.

2. Olahraga ringan

Sebagian besar wanita kembali berenergi memasuki semester kedua kehamilan. Bila tak bisa berolahraga seperti berenang atau treadmill, tak usah stres. Hal tersebut umum terjadi. Anda bisa berolahraga ringan seperti berjalan dan berenang. Kelelahan bisa dikurangi dengan tidur siang di sela-sela pekerjaan.

3. Berbagi apa yang Anda rasakan

Bicarakan yang Anda rasakan kepada orang yang Anda percaya. Ini agar Anda merasa didukung dan tahu apa yang akan Anda hadapi. Saling berbagi informasi dengan ibu hamil lainnya atau mereka yang telah mengalaminya cukup membantu.

4. Ketahui kehamilan Anda

Tahu apa yang dialami tubuh selama kehamilan akan membantu Anda mencari asupan makan sehat yang bisa Anda makan. Plus, Anda merasa tak sendiri dan mampu menoleransi semua perubahan tubuh dan perasaan yang Anda alami. 

5. Pahami bahwa Anda sedang hamil


Bukan hanya merasa badan menggemuk, Anda akan merasakan gangguan pencernaan, lesu dan lelah. Ingat, pada saatnya nanti Anda akan merasa lebih cantik, rambut menebal dan wajah yang bersinar.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Lalui masa transisi satu demi satu hingga melahirkan bayi cantik. Sebelum semua gambaran kebahagiaan itu tiba, Anda akan mengalami masa canggung. Nikmatilah semua proses ini.

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

Dian, siswi SMA Negeri 2 Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengaku tidak diperkenankan mengikuti ujian lantaran memiliki tunggakan uang sekolah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024