Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Poster film Atambua 39' Celcius
Sumber :

VIVAlife - Duo sineas Indonesia, Riri Riza dan Mira Lesmana kembali berkolaborasi membuat film yang sangat mengispirasi. Kali ini Riri dan Mira mengangkat kisah di kota perbatasan Timor Leste dan Indonesia, berjudul Atambua 39' Celsius. Dengan anggaran yang terbilang kecil ketimbang film-filmnya sebelumnya, Riri berhasil menangkap kehidupan di daerah perbatasan.

"Budget Rp700juta kurang lebih. Akhirnya Rp1,2 Miliar filmnya, sama distribusi 1,3M. Kalau dibandingin film 'Sang Pemimpi' yang sampai Rp12 Miliar ini 10 persennya," jelas Mira usai screening film di PPHUI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 5 November 2012.

Film ini menceritakan kisah kehidupan Joao (Gudino Soare) dan ayahnya Ronaldo (Petrus Beyleto) yang mengungsi dari Timor Leste 13 tahun lalu dan kini tinggal di Kota Atambua, NTT. Joao yang tengah beranjak dewasa sulit berkomunikasi dengan ayahnya yang pemabuk dan sangat merindukan kehangatan sang ibu yang mereka tinggalkan.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Kedatangan Nikia (Putri Moruk), seorang perempuan muda yang kembali ke Atambua dari Kupang untuk menyelesaikan makam Kakeknya, menggugah perhatian Joao.

Film yang menggunakan bahasa tetum (bahasa asli Timor) itu memang minim dialog, namun Riri mampu menangkap setiap kejadian di Atambua secara nyata. Pemandangan indah di setiap sudut daerah pun digambarkan secara riil tanpa banyak pencahayaan yang berlebihan. Riri mengaku mereka memang ingin memperlihatkan Atambua yang sebenar-benarnya.

"Saya pakai pendekatan film realis. Saya datang langsung ke sana supaya apa yang ada di lapangan bisa menjadi dasar. Latihan intens, naskah 1 bulan kirim ke Atambua untuk diterjemahkan ke bahasa tetum. 14 hari syuting. Film yang sangat intim saya bekerja dengan aktor dekat langsung seperti dulu teguh karya bekerja. Kami kerja hampir seperti gerilyawan. Gak ada kru banyak," jela Riri.

Produser Mira Lesmana dan Sutradara Riri Riza mengaku senang dengan film ini karena bisa film ini diputar pertama kali di Tokyo Internasional Film Festival dan mendapat sambutan yang positif dari penonton yang datang dari berbagai negara dan latar belakang, termasuk Duta Besar Timor Leste di Jepang.

Selain Jepang, film ini juga akan diputar di Internasional Film Festival Rotterdam 2013. Film Atambua 39' Celsius rencananya akan ditayangkan secara eksklusif hanya di 20 layar di beberapa kota di Indonesia mulai 8 November 2012. Selain itu, Riri dan Mira juga mengusahakan pemutaran menggunakan layar tancap keliling Nusa Tenggara Timur, Desember 2012 - Januari 2013 nanti. (adi)

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Pelaksana Tugas Deputi Protokol dan Pers Media Istana Presiden, Yusuf Permana menegaskan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kunjungan kerja ke Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024