Agar Terhindar Gangguan Kesuburan

testpack hamil
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Gaya hidup memengaruhi kesuburan. Bagi Anda yang tengah mendamba momongan, terapkan gaya hidup sehat melalui pemilihan makanan bernutrisi, sembari tetap melakukan olahraga secara teratur.

Standard American Diet (SAD) mengungkap terjadinya peningkatkan kasus wanita infertilitas sebanyak 30 persen dalam 50 tahun terakhir. Ini diduga akibat pola makan tinggi lemak dan gula dengan kandungan nutrisi yang buruk. Juga asupan bahan kimia berbahaya dalam makanan, gaya hidup tak sehat yang rentan memicu stres.

Karenanya, agar bisa merencanakan kehamilan yang sehat, lakukan diet seimbang yang menunjang tingkat kesuburan. Di antaranya:

• Menghindari makanan yang dicurigai tercemar pestisida karena dapat mengganggu kestabilan hormon. Sebaliknya pilihlah makanan alami dan organik.

• Mengonsumsi makanan tidak melalui proses berulang-ulang. Pilihlah makanan yang masih segar atau baru dimasak, jangan sudah dipanaskan beberapa kali.

• Batasi konsumsi kafein di bawah 300 mg per hari (300 mg kafein = 3 cangkir kopi atau 6 kaleng minuman soda).

• Ingat, bahwa kafein tidak cuma terdapat pada kopi, tapi juga makanan lain seperti cokelat, soft drink, teh, dan aspirin. Yang dicurigai sebagai biang keladi infertilitas adalah efek stimulan atau daya rangsang pada kafein menyebabkan perubahan kadar hormon yang bisa mengganggu fertilitas.

• Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Makanan produk hewani yang cenderung berlemak dapat meningkatkan kadar estrogen secara dramatis ke dalam darah. Sedangkan makanan nabati mampu menstabilkan hormon, yang bisa membuat kacau siklus menstruasi. (art)

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan
Keluarga Parto

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Eko Patrio juga bersyukur penyakit batu ginjal yang diderita oleh Parto belum menjalar ke mana-mana atau membahayakan organ lainnya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024