Tren Anyar, Konsultasi Kesehatan via Online

Konsultasi kesehatan online
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Jasa layanan online kian menjamur di era digital dewasa ini. Menjawab kebutuhan kaum urban untuk memenuhi kebutuhan tanpa repot melangkahkan kaki keluar rumah. Tak hanya gerai-gerai toko online, jasa konsultasi kesehatan pun bermunculan.

TanyaDok.com misalnya. Ini merupakan portal yang menawarkan solusi modern terhadap akses kesehatan. Tak hanya menyajikan informasi kesehatan, portal ini juga menjadi media rujukan layanan kesehatan dan konsultasi dokter secara online.

Hampir semua pengelolanya adalah dokter-dokter muda. Ada dokter umum. Banyak pula dokter spesialis dari berbagai konsentrasi keilmuan. Ada dokter spesialis anak, spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah mulut, spesialis gizi klinik, spesialis kejiwaan.

Ada puluhan dokter yang siap memberi informasi seputar keluhan kesehatan pasien. Dalam kasus serius, dokter-dokter ini biasanya akan mengarahkan pasien bertemu langsung untuk memastikan diagnosis.

Konsultasi kesehatan secara online memang masih terkendala sejumlah kode etik. Di mana dokter tidak boleh melakukan diagnosis tanpa melihat langsung kondisi pasien. Demikian pula soal obat. Dokter tidak bisa meresepkan obat tanpa tatap muka.

"Jika sudah ada konsultasi yang serius dengan salah satu dokter kami, member dapat membuat janji dengan dokter tersebut. Sejumlah dokter bahkan bisa mengunjungi kediaman Anda langsung," kata dr Gregorius Bimantoro, founder portal kesehatan yang sudah ada sejak 2006 ini.

Tak cuma TanyaDok.com, di jagat maya ada sejumlah portal yang juga menawarkan informasi dan jasa layanan konsultasi kesehatan secara online. Di antaranya: blogdokter.net, doktersehat.com, dan konsultasikesehatan.com.

Ingin hidup sehat dengan cara sederhana? Berikut sedikit tips untuk Anda:

1. Makan makanan yang sehat dan bergizi: sayur, buah, susu, protein.

2. Selalu bergerak aktif. Biasakan minimal menggerakkan tubuh kita 2,5 jam dalam seminggu.

3. Lindungi diri Anda dengan menghindari rokok, tidak merokok. Jika mengendarai kendaraan hendaklah memakai atribut keselamatan dijalan.

4. Kendalikan stres.

5. Jangan tunda konsultasi kesehatan dengan dokter jika merasa kurang sehat.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

(umi)

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024