Manfaat Hormon Testosteron Bagi Pria

pria berkacamata
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Hormon testosteron adalah hormon yang identik dengan pria. Hormon ini juga terdapat pada wanita, meskipun selalu naik turun, terutama ketika dalam siklus haid. Namun fungsinya bagi wanita adalah untuk meningkatkan energi serta ketajaman mental.

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Bagaimana dengan pria, apakah hormon tetosteron bekerja baik bagi kesehatannya ? Beberapa peneliti mengatakan bahwa, hormon testosteron pada pria memberikan manfaat bagi kesehatannya. Pria yang memiliki kadar tetosteron rendah, umumnya mereka sedang dalam kondisi fisik lemah, seperti kelelahan, kegemukan dan metabolisme yang kurang baik. Tentunya hal ini juga memengaruhi perkembangan rambut dan bulu halus disekitar tubuh mereka.

Melansir Boldsky, ada beberapa manfaat tetosteron bagi pria berikut ini :

1. Massa otot
Pria 'lebih kuat' daripada wanita. Hal tersebut banyak diutarakan karena pria memiliki hormon tetosteron lebih banyak pada tubuhnya. Tak lain, hormon tersebut bertanggung jawab untuk membentuk otot pria secara alami.

2. Tulang yang kuat
Harus disadari bahwa wanita memiliki struktur tulang yang lebih mudah rapuh dibandingkan pria. Ini dikarenakan dalam aliran darah pria mengandung hormon tetosteron. Oleh karena itu, penyerapan kalsium pada tubuh pria pun menjadi lebih cepat dan lebih baik.

3. Sel darah merah
Tingkat hemoglobin pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Hal ini tentunya bisa dilihat dari hormon tetosteron yang membantu memproduksi sel darah merah pada tubuhnya.

4. Rambut
Bagi pria, tumbuhnya rambut atau bulu pada bagian tubunya, seperti jenggot, kumis, dan bulu kaki merupakan tanda kejantanannya. Semua (rambut) yang tumbuh pada pria tentunya merupakan efek dari kinerja hormon tetosteron. Akan tetapi, semua itu sama sekali tidak berpengaruh secara langsung pada kesehatan.

5. Pengaturan lemak
Tahukah Anda apa yang menyebabkan wanita lebih mudah gemuk dibandingkan pria? Ini dikarenakan pria memiliki hormon tetosteron yang yang membantu untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Selain itu, hormon ini juga membantu mengatur lemak dalam tubuh. (umi)

Duel PSS Sleman vs Arema FC

PSS Sleman Makin Percaya Diri Usai Benamkan Arema FC

PSS Sleman berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 dengan skor 4-1. Duel kedua tim ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Senin.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024