TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Terapi Sel Induk Kini Bisa dari Darah Menstruasi

Sel induk bisa digunakan untuk pengobatan kanker hingga sakit jantung.
Terapi Sel Induk Kini Bisa dari Darah Menstruasi
Wanita kini dapat menyimpan sel induk saat mengalami menstruasi.

VIVAlife - Kebudayaan kuno sering menyebut menstruasi sebagai kutukan bagi wanita. Ilmu pengetahuan modern membuktikan bahwa periode atau siklus haid membawa keuntungan tersendiri.

Darah menstruasi bisa memberi manfaat bagi kesehatan, bila disimpan dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit lewat terapi sel induk.

Sel induk adalah sel yang dapat berdiferensiasi menjadi semua jenis sel tubuh seperti sel-sel saraf, sel darah pembuluh, sel-sel otak, dan lainnya. Sel induk sebelumnya hanya ditemukan dalam tali pusat bayi. Tapi, sekarang para ilmuwan menemukan cara lain yang lebih sederhana untuk memanen sel induk, yaitu darah menstruasi.

Sel induk dan pengobatan kanker

Terapi sel induk merupakan salah satu obat terbaik untuk kanker, terutama kanker sumsum tulang, kanker limpa, getah bening yang hanya dapat disembuhkan dengan sel induk.

Selain itu, sel-sel induk dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan degenerasi saraf yang sebelumnya tidak dapat disembuhkan, antara lain Alzheimer dan Parkinson.

Dalam keadaan darurat pun, sel induk dapat digunakan untuk merehabilitasi pasien akibat serangan jantung dan stroke.


Darah haid sumber sel induk

Darah menstruasi berasal dari rahim. Dinding rahim memiliki kekuatan unik memulihkan diri sendiri. Darah yang bercampur dengan sel induk dari lapisan rahim melewati vagina selama menstruasi.

Sekarang, seorang wanita tak perlu melahirkan untuk menyimpan sel induk. Dia bisa melakukannya di setiap titik waktu dengan menyimpan darah menstruasinya.

Untuk memperoleh sel induk, diperlukan sebuah prosedur medis selama 3-4 jam guna mengumpulkan darah yang mengandung sel induk selama masa haid. Darah mens kemudian disimpan dalam sebuah bank sel induk dalam kondisi beku untuk digunakan di kemudian hari.

Dikutip dari Boldsky, prosedur pengumpulan sel induk tidak menyakitkan dan sangat terjangkau. Di India, biaya penyimpanan sel induk dari darah menstruasi antara Rs30.000-Rs50.000 atau sekitar Rp5,3-8,7 juta.

Jadi, jangan merasa sial bila mengalami siklus bulanan ya! (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP