Manekin Bionik Bisa Jadi 'Mata-mata' Fashion

Pesta diskon musim panas di Perancis
Sumber :
  • REUTERS/ Vincent Kessler

VIVAlife - Saat mencari busana di butik, sebagai pelanggan tentu Anda ingin mendapatkan yang terbaik dan paling pas. Jika biasanya Anda dilayani dengan pramuniaga, kini ada 'mata-mata' fashion, EyeSee.

Itu merupakan manekin bionik dengan software yang mampu mengenali wajah dan bisa langsung mengumpulkan data pelanggan. Mulai dari usia, gender hingga ras. Info-info tersebut nantinya akan digunakan butik untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan tentunya meningkatkan penjualan.

Saat pelanggan memasuki butik, seperti dikutip dari NY Daily, manekin tersebut akan membuat semacam gerakan pemindaian yang tak disadari. Terdapat semacam kamera mungil di dalam manekin untuk merekam data pelanggan.

"Cukup mengagumkan, ini bisa jadi senjata retailer untuk lebih mengerti konsumen," ungkap salah satu pelanggan.

Misalnya, ketika ada pelanggan dari Asia, pramuniaga yang dipersiapkan untuknya adalah yang bisa berbahasa China atau Jepang. Manekin ini dibuat oleh perusahaan keamanan yang berbasis di Italia, Almax. Meskipun belum diproduksi dalam jumlah besar, tapi manekin sudah digunakan di Amerika Serikat dan tiga negara di Eropa. (umi)

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024