TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Ditemukan, Tabung Mini Pereda Masalah Prostat

Dimasukkan dengan prosedur cepat, dan hanya digunakan lima hari.
Ditemukan, Tabung Mini Pereda Masalah Prostat
Gangguan prostat sering terjadi pada pria di usia lanjut. (seksualitas.net)

VIVAlife - Tabung yang terbuat dari bahan ‘metal ajaib’ mungkin dapat membuat lega para pria yang mengalami pembesaran prostat. Para penemunya mengatakan, tabung tersebut meningkatkan aliran urin tanpa membutuhkan obat atau operasi. Hasil awal yang didapatkan pun sangat menjanjikan.

Pasien terbebas mengalami gejala-gejala pembesaran prostat selama 6 bulan jika rutin mengkonsumsi obat. Pasien juga diharuskan melakukan perawatan dengan tabung hanya selama 5 hari, lalu tabung tersebut dapat diambil.

Pembesaran prostat adalah kondisi non-kanker umum yang biasa diderita oleh para pria yang sudah memasuki masa tua. Sekitar 60 persen pria berusia 60 tahun atau lebih mengalami kondisi ini. Penyebab tepatnya belum diketahui, namun beberapa peneliti mengatakan berhubungan dengan hormon.

Salah satu teori yang dikemukakan seorang peneliti adalah tingkat hormon yang dinamakan dihydrotestosterone (DHT). Hormon ini, seiring bertambahnya usia dapat menstimulasi pertumbuhan prostat.

Sebenarnya, pembesaran prostat tidak selalu menjadi hal yang serius dan mengancam kesehatan, namun gejala-gejalanya dapat menyebabkan rasa nyeri dan menggangu aktivitas sehari-hari.

Gejala yang paling paling umum adalah kesulitan buang air kecil, sering merasa ingin buang air kecil, atau kesulitan mengosongkan kantung kemih secara sempurna. Hal ini karena prostat terletak di sekitar urethra, yang membawa urin dari kantung kemih. Ketika prostat membesar, maka akan menekan urethra dan menyebabkan timbulnya gejala-gejala tadi.

Perawatan terbaru yang ditemukan oleh perusahaan asal Israel, MediTate, yaitu dengan menempatkan tabung metal kecil di urethra, tepatnya di titik yang terdorong oleh prostat. Hal ini dapat membuat urethra melebar. Tabung ini juga dimasukkan dengan prosedur cepat.

Tabung ini terbuat dari metal khusus yang disebut nitinol. Ini adalah jenis metal yang dapat berubah menjadi beberapa bentuk, namun selalu kembali ke bentuk awal ketika dipanaskan.

"Alat baru ini adalah penemuan luar biasa. Selain dapat menghilangkan gejala-gejala pembesaran prostat pada pasien, namun juga memiliki risiko kehilangan sel prostat yang lebih sedikit dibandingkan dengan pengobatan dengan operasi," kata Anthony Koupparis, ahli bedah urologi di Southmead Hospital, dikutip dari Daily Mail.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP