Indonesia Kembangkan Wisata Kesehatan

spa
Sumber :
  • dok.martha tilaar spa

VIVAlife - Niat untuk melakukan perjalanan wisata pastinya untuk menyegarkan pikiran. Namun, bagaimana jika perjalanan wisata ini sepaket juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik. Sangat menyenangkan, bukan?

Wisata kesehatan saat ini jadi salah satu penggerak perekonomian di kawasan Asia Pasifik. Negara tetangga yang sudah memanfaatkannya dengan baik adalah Singapura dan Malaysia.

Indonesia, sebenarnya memiliki potensi yang besar jika ingin mengembangkan wisata kesehatan. Hal ini mengingat lokasi dan keunggulan Indonesia untuk menarik wisatawan dan mengingat jumlah orang Indonesia yang ke luar negeri guna menjalankan perawatan kesehatan. Indonesia juga merupakan salah satu tujuan wisata dunia yang banyak diminati.

"Indonesia mempunyai keanekaragaman tradisi dan budaya, termasuk obat serta pelayanan kesehatan tradisional. Salah satu upaya pelayanan kesehatan tradisional adalah wellness yang berpotensi untuk pengembangan wisata kesehatan," kata Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi dalam acara Konferensi Internasional Health Tourism di Jakarta, Kamis 29 November 2012.

Kearifan lokal Indonesia jadi dasar dikenalnya spa dan pengobatan holistik lainnya. Hal ini membuktikan pariwisata kebugaran mempunyai potensi menjadi produk unggulan khas Indonesia yang bisa bersaing di pasar global.

Bali buktinya pernah sukses meraih "The Best Destination Spa in the World" 2009 silam di salah satu majalah kecantikan dan kesehatan Jerman. Sayangnya, pencapaian itu belum didukung oleh basis ilmiah kesehatan di dalam negeri maupun dipatenkan secara internasional.

"Pengembangan wisata kesehatan dan kebugaran memang merupakan salah satu fokus pengembangan untuk wisata minat khusus, dan dalam pengembangannya memang menjalin koordinasi antara instansi terkait, baik di pusat maupun daerah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

Dalam acara Konferensi Internasional Health Tourism itu, Kemenparekraf bersama dengan Kemenkes, perwakilan rumah sakit, spa, dan asosiasi kesehatan akan membentuk tim kerja dengan nama Indonesia Wellness and Healthcare Tourism (IWHT). Tim ini akan menindaklanjuti penyusunan kerja sama pada tahun mendatang untuk meningkatkan kualitas rumah sakit agar memperoleh standar internasional.

Nantinya, akan ditingkatkan kolaborasi dengan biro perjalanan wisata guna promosi wisata kesehatan Indonesia. Termasuk, menetapkan kolaborasi rumah sakit yang bersinergi dengan Wellness Spa di empat destinasi wisata yaitu Bali, Jakarta, Manado, dan Makassar.

Survei perawatan kesehatan di luar negeri

Pengembangan wisata kesehatan ini juga berdasarkan hasil survei global di sejumlah negara di dunia yang dilakukan McKinskey pada 2008. Survei dilakukan untuk mengetahui alasan konsumen melakukan perawatan di luar negeri.

Hasilnya, 40 persen karena mencari teknologi yang muktahir, 32 persen mencari perawatan yang lebih baik, sebanyak 15 persen mencari pelayanan medis yang lebih cepat, serta hanya 9 persen yang beralasan mencari perawatan lebih murah.

Dari survei tersebut, terlihat bahwa secara umum mencari perawatan yang lebih murah bukan alasan utama. Justru yang diperlukan adalah peningkatan standar rumah sakit dan sumber daya manusia, termasuk aspek pelayanan. (art)

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024