Kenali 5 Khasiat Tersembunyi Cengkeh

Cengkeh
Sumber :

VIVAlife - Aromanya yang kuat serta rasanya khas membuat cengkeh seringkali dimanfaatnya sebagai penyedap masakan. Rempah mungil berwarna cokelat kehitaman ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan

Cengkeh dapat menyembuhkan batuk dan dapat menjadi penyegar mulut alami serta mencegah kembung dan sariawan. Ada lagi manfaat cengkeh lainnya yang mungkin belum Anda tahu.

1. Mengurangi memar
Anda dapat menggunakan cengkeh untuk menyembuhkan memar. Haluskan saja sekepal cengkeh lalu aplikasikan di area yang memar. Cengkeh, seperti dilansir dari Bold Sky, juga memilki sifat antikuman dan antijamur yang dapat membunuh bakteri.

2. Mengurangi rasa sakit radang sendi

Anda dapat menggunakan cengkeh untuk menghilangkan rasa sakit pada persendian. Ini obat alami yang telah digunakan sejak beberapa generasi untuk mengobati sakit radang sendi.

3. Afrodisiak

Menurut para peneliti, cengkeh merupakan rempah yang aromanya bisa membuat perasaan jadi lebih baik. Termasuk, meningkatkan gairah bercinta.  

4. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan. Anda dapat mengkonsumsi cengkeh untuk melawan penuaan. Rempah ini mengandung anthocyanin dan quercetin, antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh dan juga memperlambat penuaan.

5. Menyembuhkan gangguan pencernaan
Jika Anda menderita gangguan pada sistem pencernaan seperti buang air besar terus-menerus dan mual maka konsumsilah cengkeh dengan teratur. Cengkeh memiliki sifat yang dapat menyembuhkan mual dan nyeri lambung.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024