Demam Anak Bukan untuk Ditakutkan

Anak Demam
Sumber :

VIVAlife - Demam merupakan gejala yang sering ditemukan pada anak-anak. Dalam keadaan seperti ini orangtua sering panik atau ketakutan. Memberikan kompres atau obat penurun panas segera dilakukan agar demam cepat hilang.

Demam sebenarnya gejala suatu penyakit yang tak perlu dikhawatirkan. Ketika demam muncul, tubuh sebenarnya sedang melawan virus penyakit tertentu.

"Demam bukanlah tanda suatu bahaya, demam hanyalah tanda bahwa si anak memiliki respon terhadap kuman. Demam yang makin tinggi berarti makin bahaya, itu tidaklah benar. Tak perlu diambil pusing, tapi yang harus dicari adalah kenapa anak ini demam dan berarti si anak sakit, itu yang harus di cari tahu", jelas dr. Herbowo Soetomenggolo Sp.A., saat ditemui di Pacific Place, Jakarta.

Semua penyakit dapat menyebabkan terjadinya demam, demam itu sendiri adalah tanda. Untuk menangani demam tak selalu dengan obat. Anda bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut.

1. Kompres
Mengompres dahi anak dengan air hangat membantu menurunkan demam. Itu karena, dengan seluruh reseptor suhu di kulit terbilas air hangat maka reseptor tersebut mengenali bahwa suhu badan sedang naik. Sehingga tubuh akan berusaha menurunkan demam tersebut. Air memang berfungsi membantu pertukaran panas.

2. Perbanyak asupan cairan

Kebutuhan cairan pada saat demam meningkat hingga 1,5x lipat. Bila kekurangan cairan, maka demam akan semakin meningkat yang menyebabkan anak semakin dehidrasi. Keadaan yang buruk dapat disebabkan oleh dehidrasi. Jangan memberikan minuman yang mengandung kafein karena akan menyebabkan buang air kecil lebih banyak sehingga lebih mudah dehidrasi.

3. Kenakan pakaian tipis

Hindari pemakaian pakaian yang berlapis dan menggunakan selimut tebal karena justru menyulitkan kulit untuk melakukan pertukaran panas dengan udara.

4. Perbanyak istirahat
Jangan membangunkan anak hanya untuk memandikan atau memberi obat penurun panas. Semakin banyak anak beristirahat maka penyakit akan semakin cepat sembuh.

5. Saat harus dibawa ke dokter
Jika demam mencapai lebih dari 40 derajat celcius atau disertai kejang segera periksakan anak ke dokter. Atau, jika demam turun naik selama tiga hari. (eh)

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras
Menpora Dito bertemu dengan Menteri Pendidikan UEA Ahmad Belhoul Al Falasi

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menpora Dito bertemu dengan Menteri Ahmad Belhoul yang menyampaikan dukungan dari UEA kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024