Sejarah Panettone, Kue Natal Khas Italia

Pannetone, kue Natal khas Italia
Sumber :
  • http://www.yumsugar.com

VIVAlife - Perayaan Natal menjadi momen yang paling ditunggu umat Kristiani di seluruh dunia. Selain identik dengan pohon Natal, perayaan ini juga identik dengan kue-kue dan aneka hidangan lezat lainnya.

Seperti halnya di Italia, kue dengan rupa seperti roti bernama Panettone, menjadi salah satu hidangan yang wajib disajikan saat Natal.

Di Amerika pun banyak toko kue dan toko roti yang menjual bertumpuk-tumpuk Panettone saat bulan Desember menjelang Natal.

Seperti diberitakan yumsugar.com, orang Italia biasanya membuat Panettone memakai buah musiman. Panettone memiliki asal kata dari bahasa Italia yang artinya adalah kue berukuran kecil.

Kue ini memiliki sejarah panjang. Awalnya, kue yang memiliki tekstur yang ringan dan lembut ini disebut pane di tono yang berarti 'kue mewah' karena dibuat dengan bahan-bahan yang lezat seperti butter, telur, susu, kismis, kulit jeruk yang diparut, dan kacang-kacangan.

Kue ini pertama kali dibuat di Milan, Italia, pada zaman Romawi abad ke-18. Pada abad ke-20, panettone diproduksi dalam skala besar sehingga harganya menjadi turun namun popularitasnya sebagai kue khas Natal meningkat.

Banyak orang Italia yang menjadikan panettone sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru. Panettone, bukan sekedar kue biasa. Banyak orang Italia menyebut kue ini sebagai simbol besar budaya Italia. Saat Natal, setiap keluarga di Italia pun akan menyajikan Panettone untuk tamu yang berkunjung ke rumah mereka.

Panettone secara tradisional biasa disajikan dengan wine atau kopi. Beberapa orang Italia menyantapnya dengan sesendok keju mascarpone yang merupakan keju segar dari Italia dibuat menggunakan krim dari susu sapi.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Panettone yang dikemas rapi dapat bertahan cukup lama. Bahkan bisa dibekukan untuk dikonsumsi hingga tahun depan. Sisa kue bertekstur kering ini juga biasa dijadikan bread pudding atau puding roti.

Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024