Prediksi Dunia Hiburan 2013: Banyak Skandal Artis Terkuak?

Agnes Monica
Sumber :
  • Dok. Bagus Panuntun

VIVAlife- Gosip, cerita dan berita tentang dunia hiburan Tanah Air  selalu menjadi kisah menarik dan menjadi sorotan publik. Mereka yang  memiliki karier keartisan yang gemilang hingga keterpurukan di dunia hiburan tahun lalu, tetap menjadi kisah yang membekas dalam benak masyarakat.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Dan kini, 2012 telah beganti. Sejumlah kisah menarik di tahun 2013 pun mulai memasuki babak baru. Sejumlah peramal mulai menerawang, bagaimana perkembangan dunia hiburan Tanah Air. Bagi mereka, karier artis yang sukses dan tenggelam akan kembali mewarnai dunia hiburan di negeri ini.

NOAH dan Agnes Monica masih bersinar

Baby Djenar meramalkan keluarnya Ariel dari penjara akan sangat  berpengaruh untuk kesuksesan grup band NOAH di tahun 2013. Baby bahkan menyatakan NOAH akan bertahan dan semakin digemari masyarakat Indonesia.

"Saya melihat NOAH akan terus bersinar," katanya kepada VIVAlife.
Ia juga meramalkan, nama penyanyi cantik Agnes Monica akan tetap
bersinar di tahun 2013. Mantan penyanyi cilik kelahiran 1 Juli 1986 ini
akan terus membuktikan usahanya untuk go international.

Noah, Nama Baru Peterpan

Tak hanya Agnes dan NOAH, para penyanyi yang namanya terkenal karena talenta, kariernya di industri musik juga akan terus menanjak. Berbeda dengan penyanyi yang terkenal karena sesuatu yang sifatnya instan seperti Norman Kamaru dan Sinta Jojo yang dulu sempat booming di awal kemuculannya. Baby pun memandang, ketenaran Norman dan Sinta Jojo akan meredup.

Sama halnya dengan dua artis yang tenar secara instan berkat Youtube,
nama penyanyi dangdut yang populer lewat goyangan dan fenomenanya seperti Zaskia si goyang itik dan juga Ayu Ting Ting, keduanya pun diramalkan kariernya sebagai pedangdut tak akan kekal.

Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama

"Artis yang lebih banyak menjual sensasi atau yang lebih sering nyanyi lipsync pasti tidak akan kekal di dunia musik. Berbeda sama yang benar-benar punya talenta," ucapnya

Meski begitu, ia menyatakan, dunia musik Indonesia akan kembali
diramaikan dengan beberapa wajah-wajah baru dari ajang pencarian bakat yaitu penyanyi solo.  Satu atau dua orang dari mereka, akan sukses  meramaikan dunia musik Indonesia.

Tak banyak band baru muncul di 2013

Sementara untuk band-band sendiri, Baby Djenar mengatakan band-band yang eksis di tahun depan masih seputar band-band yang itu-itu saja. Tidak ada band baru yang ia prediksi akan naik daun.

"Kalau band sepertinya itu-itu saja ya. Belum ada yang baru. Cuma saya melihat Nidji akan mulai aktif kembali."

Ia juga mengatakan dibanding band baru, ia lebih memprediksi akan ada wajah-wajah baru penyanyi solo yang meramaikan blantika musik Tanah Air. Seperti Cakra Kahn yang di akhir 2012 mulai diperhitungkan.

Lebaran Bareng, Desta dan Natasha Rizky Dapat Pesan Mengharukan dari Anaknya

"Yang pasti persaingan di dunia musik akan semakin ketat," tambahnya.

Untuk penyanyi duet seperti Anang Hermansyah dengan Ashanty, ia pun
meramalkan kesuksesannya tidak akan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Mereka akan tetap eksis tapi tidak bersinar seperti kemarin-kemarin.
Sama seperti Syahrini," tambahnya.

Tak jauh berbeda dengan penerawangan Baby Djenar soal industri musik Tanah Air. Peramal Ki Kusumo saat ditemui di kawasan Jatiasih, Bekasi pun mengungkapkan tahun 2013, kedatangan band-band baru tidak sebanyak seperti di tahun 2012. Namun, aliran musik pop Melayu masih tetap menjadi tren.

"Kalau untuk band barunya hanya sedikit yang muncul. Justru yang bertahan adalah band lama yang sebelumnya tenggelam, tahun 2013 akan kembali berkibar. Ada grup baru muncul tapi tidak sampai meledak," tuturnya.

Boyband dan girlband katanya juga mulai tenggelam di tahun 2013. Meski pun ada, tapi gaungnya sangat jauh dari tahun 2012. "Tidak akan panen seperti tahun 2012. Begitu-begitu saja sepak terjangnya."

Penerawangan Baby Djenar dan Ki Kusumo soal industri musik ternyata
senada dengan apa yang diprediksi oleh Denny Sakrie sebagai pengamat musik. Ia pun menilai dari hasil yang terjadi di akhir tahun 2012, tidak akan banyak band-band baru yang ikut meramaikan dunia musik Tanah Air.

Tetapi, band-band dengan gaya yang lugas dan bergaya laki-laki akan tetap punya tempat di industri musik Indonesia.

"Ada beberapa penyanyi-penyanyi solo pria yang tetap berjaya, seperti
Once, Judika, Marcell, Ari Lasso. Mereka akan bersinar," perediksi Denny.

Mulai Januari, kata Denny melanjutkan, juga akan ada 2 ajang pencarian bakat baru, yaitu X Factor dan The Voice. Dua acara pencarian bakat di bidang musik ini, masih tetap menjadi acara yang menarik untuk ditonton. Mungkin, lanjut Denny, ini, karena konsep mereka beda dengan ajang pencarian bakat yang terdahulu. "Jurinya merangkap sebagai mentor jadi nggak ngejudge dengan kata-kata menyakitkan, tapi mereka ikut mengarahkan."

Dunia K-pop juga diprediski oleh Denny. Tahun 2013 penampilan penyanyi dan artis-artis Korea juga akan semakin digemari. Boyband dan girlband masih terus bermunculan.

"Tapi kalau penyanyi yang terkenal karena sensasi, sifatnya lebih  musiman. Seperti Syahrini atau Zaskia Itik. Bisa hilang, bisa juga  berlanjut," bebernya.

Ini, tak lain, karena ada bagian dari masyarakat yang memang menyukai sensasi sensasi seperti itu. Jadi tergantung dengan respon masyarakat.

Tapi yang pasti, masyarakat lama kelamaan akan bosan dan jenuh jika selalu disuguhkan dengan berita seputar artis yang hanya mengandalkan sensasi terus menerus.

Skandal artis dan pejabat ramai di 2013

Dunia gosip selebriti, memang selalu diwarnai dengan kisah bahagia pernikahan artis. Namun selain itu, ada juga kisah sedih soal perceraian dan kematian.

Ki Kusumo pun melakukan penerawangan soal cerita bahagia dan duka seleb Tanah Air. Bagi peramal yang juga mulai melebarkan sayap kariernya di dunia balik layar, perkawinan selebritis akan meningkat dibanding tahun2012. Artis-artis yang akan melahirkan anak juga lebih banyak. Sementara perceraian, justru menurun.

"Di luar itu, akan ada artis senior yang akan tutup usia. Orangnya tidak begitu tua, tapi yang jelas artis masa lampau. Ada juga aktor tambun yang juga akan meninggal dunia," tuturnya.

Namun, ada lagi hal yang paling menarik dan menjadi sorotan. Bahkan, akan jadi bahan gunjingan besar, yakni soal skandal artis dengan pejabat. "Kasusnya akan lebih ramai dibanding tahun 2012."

Soal kriminal yang melibatkan artis juga akan kembali menjadi gosip  terpanas 2013. Ki Kusumo pun meramalkan, akan ada artis senior yang akan tertangkap dalam kasus narkoba. "Mereka, pemain-pemain lama. Orangnya dia lagi dia lagi. Kendati demikian, akan ada juga artis baru yang penampilannya agamis, di 2013 ini dia terjerat narkoba," katanya membocorkan.

Bagaimana prediksi film 2013?

Tahun 2012, film laga The Raid sukses mengukir sejarah. Meski gagal memecah rekor sebagai film terlaris sepanjang masa, The Raid sukses berjaya di mancanegara. Film bergenre action-thriller ini juga menjadi film terlaris sepanjang 2012 dengan lebih 1,8 juta penonton di seluruh bioskop Tanah Air.

"The Raid bisa menjadi lokomotif yang dapat menggairahkan perfilman nasional," kata pengamat dan pengajar film di Binus International, Ekky Imanjaya.

Ekky pun melihat film-film berkualitas layaknya The Raid bisa terus membawa nama Indonesia dikenal oleh dunia perfilman internasional. Ia juga menilai, masyarakat kita telah kehilangan kepercayaan atas film-film lokal bertema pocong dan seks, yang seolah tak memikirkan kualitas. Karenanya, butuh film-film terobosan yang mampu mengembalikan kepercayaan itu.

Harapan Ekky sepertinya akan menjadi kenyataan. Berdasarkan penerawangan para cenayang, Ki Kusumo, produksi film horor di Indonesia akan berkurang. Tema yang monoton dan itu-itu saja sedikit ditinggalkan penggemarnya.

"Yang naik ke permukaan justru film atau sinetron drama yang  mengharukan,"katanya.

Baby Djenar juga meramalkan adanya perkembangan dunia film yang sama dengan hasil penerawangan Ki Kusumo. Dunia perfilman Indonesia tetap akan mengalami perkembangan, tapi berbeda dengan film The Raid yang lebih menonjolkan aksi bela diri dalam tayangan filmnya. Tahun 2013, tren film di Indonesia akan lebih banyak memunculkan film-film yang mengangkat kisah nyata.

"Seperti kisah sosok terkenal seperti film Habibie dan Ainun. Banyak
juga film-film idealis. Film bergenre horor komedi juga mulai
berkurang," tandasnya.


Screening Film Habibie & Ainun

Untuk bintang film layar lebarnya sendiri, ia melihat, aktor Reza
Rahadian yang membintangi Perahu Kertas juga Habibie dan Ainun masih
akan tetap eksis. "Saya juga melihat pemenang dari ajang Putri
Indonesia akan merambah ke dunia perfilman ya. Seperti Nadine
Chandrawinata dulu," ucapnya.

Sementara untuk dunia sinetron, yang selama ini banyak didominasi oleh Dude Harlino dan Tengku Wisnu, sinetron 2013 justru diprediksi akan diwarnai oleh aktor dan aktris muda pendatang baru yang mulai
diperhitungkan.

"Dude Harlino dan Tengku Wisnu akan memberikan kesempatan pada para pendatang baru di dunia sinetron seperti Adipati Dolken," ucap Baby Djenar. Namun, ia mengatakan belum ada yang bisa menggantikan Dude Harlino sebagai "pangeran sinetron".

Sedangkan Nikita Willy, yang disebut-sebut sebagai bintang sinetron
wanita termahal dan terlaris, diprediksi Baby Djenar, akan tetap eksis.
Namun, si "ratu sinetron" itu juga akan tergantikan dengan bintang-
bintang sinetron pendatang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya