VIVALIFE

Sup Dingin Cara Praktis Turunkan Tekanan Darah

Sup khas Spanyol ini cegah hipertensi hingga 27 persen.
Rabu, 2 Januari 2013
Oleh : Mona Indriyani
Gazpacho

VIVAlife - Tekanan darah atau hipertensi disebabkan oleh dua faktor yaitu usia dan keturunan. Masalah kesehatan ini bukanlah penyakit yang mudah untuk disembuhkan. Untuk mengendalikan ke batas normal banyak penderita hipertensi mengubah gaya hidupnya, terutama urusan makanan.

Melansir Zeenews, penelitian terbaru menemukan, sajian khas Spanyol, sup Gazpacho dapat digunkana sebagai alternatif makanan untuk mengendalikan tekanan darah. Sup yang biasa disebut sup dingin ini juga memiliki komposisi sayuran yang kaya nutrisi, seperti tomat, mentimun, bawang putih dan minyak zaitun.

Para ilmuwan di University of Barcelona menemukan, mengkonsumsi sup Gazpacho setiap hari berkhasiat turunkan tekanan darah. Mereka percaya, jika sup tersebut dapat mengurangi resiko hipertensi sebanyak 27 persen. Alasanya, terdapat unsur-unsur biokatif dari Gazpacho yang dapat menangkal efeh negatif garam pada kesehatan.

Gazpacho
adalah sup yang berasal dari selatan Spanyol, wilayah Andalucia. Sup tradisional ini juga menjadi sajian populer di kalangan masyarakat Portugal. Gazpacho yang disajikan dingin banyak dikonsumsi saat musim panas  untuk menurunkan suhu tubuh.



TERKAIT
TERPOPULER