Wajib Tahu Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Pembuluh darah
Sumber :
  • http://www.doctortipster.com

VIVAlife - Pembekuan darah seperti yang dialami Hillary Clinton dapat terjadi karena berbagai alasan dan kondisi tertentu. Pembekuan darah dapat terjadi karena kecelakaan seperti cedera di bagian kepala dan kondisi kesehatan lainnya.

Bahkan pembekuan darah terkadang dapat terjadi tanpa alasan tertentu. Satu yang yang pasti adalah orang-orang berusia 65 tahun ke atas memiliki risiko mengalami pembekuan darah lebih tinggi daripada orang-orang yang berusia lebih muda. Para ahli mengatakan terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah pembekuan darah.

- Jangan duduk terlalu lama

Jika Anda harus duduk selama beberapa jam, terutama lebih dari enam jam, sempatkan berdiri dan bergerak sesering mungkin. Saat duduk, naik turunkan tumit dan jari kaki, ini dapat merangsang sirkulasi tubuh. Tak hanya perjalanan di pesawat, terlalu lama duduk saat bekerja di depan komputer pun dapat membuat darah berkumpul di kaki dan mengakibatkan pembekuan darah.

- Konsumsi cukup air putih

Jaga tubuh agar kebutuhan cairan selalu terpenuhi dengan baik. Perbanyak minum air putih, hal ini dapat meningkatkan sirkulasi dan mendorong keluar racun yang menyebabkan pembekuan darah.

- Periksa jantung
Detak jantung yang tidak normal atau cardiac arrhythmia, seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, juga bisa memicu terjadinya pembekuan darah. Sebagai langkah pencegahan, tentunya Anda harus memeriksakan jantung secara teratur.

- Ketahui tanda-tanda pembekuan darah

Kondisi kesehatan dapat diketahui jika saja tiap orang memperhatikan dengan benar tanda yang diberikan oleh tubuh. Bengkak pada kaki, yang biasanya hanya pada satu kaki, nyeri di bagian kaki, kenaikan detak jantung secara cepat, berkeringat tanpa alasan, kelelahan dan merasa lemas seperti mau pingsan adalah tanda-tanda umum pembekuan darah.

Tentu saja terdapat banyak penyebab terjadinya pembekuan darah. Anda juga memiliki risiko mengalami kondisi tersebut jika Anda mengalami obesitas, menderita kanker, pernah mengalami stroke, memiliki varicose veins, atau patah tulang dan luka-luka akibat kecelakaan lainnya.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein
Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013