10 Pertanyaan Tanda Awal Diabetes (1)

Type-2 Diabetes Mellitus.
Sumber :

VIVAlife - Kencing manis (diabetes mellitus) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas.

Diabetes juga sering disebut silent killer karena memiliki gejala yang samar. Cara terbaik untuk memastikan semuanya adalah dengan melakukan tes gula darah, atau ajukan 10 pertanyaan ini pada diri Anda, seperti yang dilansir Health.india.com.

1. Apakah Anda memiliki nafsu makan yang meningkat belakangan ini?

Rasa lapar berlebihan menjadi gejala dari diabetes. Ini bisa mengindikasikan polifagia yang disebabkan oleh sel-sel tubuh yang kekurangan glukosa. Ketika gula darah tidak dapat tercena dan masuk ke dalam sel, sehingga tubuh terus terasa lapar.

2. Apakah Anda sering buang air kecil?

Buang air kecil adalah tanda lain dari diabetes. Pada kondisi ini, ginjal bekerja sangat aktif untuk mengurangi kelebihan glukosa dalam darah. Hal ini juga menunjukkan poliuria yang disebabkan oleh tingginya jumlah glukosa dalam urin.

3. Apakah Anda sering mengalami kehausan?

Rasa haus yang berlebih adalah respon dari cairan yang hilang akibat sering buang air seni. Kondisi ini juga biasa disebut dengan polydypsia.

4. Apakah Anda merasakan penurunan berat badan yang drastis?

Saat seseorang menderita diabetes, tubuh tidak dapat memanfaatkan glukosa yang tersedia. Ketidakadaan bahan bakar, dan tubuh membakar lemak menjadi pemicu tubuh penderita diabetes menjadi kurus.

5. Apakah Anda selalu merasa lelah belakangan ini?

Karena glukosa dalam tubuh tidak digunakan dan terproduksi dengan baik, tubuh tidak mampu mendapatkan energi. Inilah yang menyebabkan tubuh selalu terasa lelah sepanjang hari.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Bersambung...

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013