Atasi Sariawan dengan Belimbing Wuluh

VIVAnews - Menderita sariawan atau stomatitis apthosa sungguh menyiksa. Radang yang terjadi di daerah mukosa mulut berupa bercak putih itu bahkan bisa membuat Anda malas makan dan bicara.

Sariawan biasanya menyerang daerah mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi serta langit-langit dalam rongga mulut. Sekali terkena, jumlahnya pun bisa lebih dari satu.

Ada berbagai cara untuk menyembuhkan sariawan. Salah satunya bisa dengan mudah Anda ciptakan sendiri di rumah dengan belimbing wuluh.

Caranya, rebus 10 kuntum belimbing wuluh, asam jawa, gula aren dengan tiga gelas air. Tunggu hingga airnya tersisa 3/4-nya kemudian saring. Minum ramuan ini dua kali sehari.

Jika Anda malas meraciknya cukup dengan mengunyahnya langsung atau menempelkan potongan buah belimbing wuluh ke bagian yang terkena sariawan. Pengobatan ini akan mempercepat luka di selaput mulut Anda mengering. Bagi pengidap sakit maag perlu berhati-hati mengonsumsi belimbing wuluh.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menyebut, kandungan vitamin C yang cukup tinggi (25,8 mg/ 100 gram) dalam belimbing wulung sangat berkhasiat mengobati sariawan.

Belimbing wuluh atau biasa juga disebut belimbing sayur memiliki berbagai kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Tak ada salahnya Anda menanamnya di halaman rumah atau di pot. Pemeliharaannya pun relatif mudah.

Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024