5 Cara Mengobati Migren Tanpa Obat

teh jahe
Sumber :
  • goodbabyguide.com

VIVAlife - Salah satu jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migren. Serangan yang datang tiba-tiba kerap menghambat aktivitas keseharian.

Penderita migren akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, bau dan suara.

Sebagian dari penderita migren umumnya meminum obat pereda sakit kepala untuk menghilangkan rasa nyeri. Padahal, sebenarnya ada alternatif lain obat yang dapat digunakan tanpa efek samping atau kecanduan. Melansir Boldsky, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat dijadikan solusi saat migren melanda.

Makanan dengan magnesium

Salah satu obat alami untuk meredakan nyeri akibat migren adalah magnesium. Makanan dengan kandungan magnesium seperti bayam, gandum dan biji-bijian berkhasiat hilangkan rasa sakit kepala sebelah. Pasalnya, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang

Ikan

Ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan makarel) bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala migrain karena kaya akan asam lemak esensial, omega-3. Kandungan omega 3 Asam ini berfungsi menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya migrain.

Susu
Susu rendah lemak atau skim adalah pilihan selanjutnya. Riboflavin dan vitamin B yang ada dalam susu berfungsi untuk meningkatkan energi pada sel. Kurangnya energi pada sel memicu sakit kepala sebelah.

Kopi

Minuman beraroma lezat ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala sebelah. Kafein dalam kopi dapat meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala.Jika Anda menderita sakit kepala sebelah, minumlah satu cangkir kopi. 

Jahe

Rempah yang terkenal di dunia medis ini, memiliki sifat anti-peradangan dan anti-histamin juga berguna untuk memerangi sakit kepala. Jadi, saat Anda dilanda sakit kepala yang tak tertahankan, Anda dapat membuat teh yang dikombinasikan dengan jahe. Sakit kepala pun akan hilang dalam sekejap. (sj)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara buka puasa bersama Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Pasangan capres-cawapres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama Partai Golkar

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024