4 Penyedap Rasa, Peningkat Kesehatan

Daun herbal, Thyme, Rosemarry, Parsley, Lavender, Oregano (kiri ke kanan)
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVAlife - Sederet nama bumbu dapur nyatanya dapat membantu Anda mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Bukan hanya keluarga bawang yang dapat mengatasi demam tubuh, jenis penyedap makanan yang lain pun tidak kalah penting untuk dikenal.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Daun ketumbar misalnya, University of California menemukan jika kandungan daun, yakni senyawa dodecenal mampu membunuh bakteri salmonella, bakteri yang terdapat dalam daging merah dengan sangat efektif. Bahkan lebih ampuh dibandingkan obat-obatan antibiotik yang dijual di pasaran.

Tak hanya itu, Direktur Eksekutif Botanical Medicine Academy di Washington, Kathy Abascal mengatakan jika daun ketumbar mampu membersihkan tubuh dari racun. Berikut jenis bumbu lain yang juga memberi manfaat sehat.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Peterseli 

Daun berwarna hijau segar ini sering digunakan dalam terapi herbal karena kemampuannya menyediakan lebih dari 150 persen kebutuhan harian vitamin K untuk kesehatan tulang dan kenormalan tensi darah. Peterseli juga mengandung antioksidan, menjaga sel tubuh dari kerusakan, mengatasi gangguan anemia, kolesterol, batuk, deman, dan lainnya.  

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Oregano

Tak banyak yang mengetahui jika jenis daun ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina tubuh. Di Eropa dan Timur Tengah, oregano banyak digunakan sebagai pelawan kanker dan antioksidan.

Rosemary

Studi dari Northumbria University di Inggris menemukan bahwa tanaman ini dapat meningkatkan kinerja kecepatan tubuh dan ketepatan Anda dalam bekerja. Ini karena kandungan kalsium, zat besi, dan Vitamin B6 di dalamnya.

Para peneliti dari Kansas State University, University of Kansas, serta State University mengatakan jika menambahkan masakan dengan rosemary dapat mengurangi senyawa karsinogenik yang terbentuk ketika memasak. Sebagai terapi kesehatan, umumnya rosemary disajikan dalam bentuk seduhan teh. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya