Lima Saus Perancis Penambah Kelezatan Hidangan

Saus Tomato
Sumber :
  • dashrecipes.com

VIVAlife - Kuliner Perancis terkenal dengan hidangannya yang sederhana namun kaya rasa. Hidangan Perancis juga umumnya sangat menjunjung tinggi cara penyajian cantik yang berseni tinggi.

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Selain itu setiap hidangan Perancis lumrahnya dihidangkan dengan berbagai saus yang lezat. Negeri Menara Eiffel ini memiliki lima saus dasar. Saus Perancis ini diciptakan pada abad ke-19 oleh Antoine Careme yang kemudian diperbaharui oleh Auguste Escoffier pada abad 20.

Kelima saus Perancis ini sangat cocok dipadukan dengan berbagai hidangan dan dapat diolah menjadi saus yang lebih lezat dengan tambahan bahan-bahan lain. Berikut lima saus dasar Perancis yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Bechamel

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Saus klasik yang terbuat dari susu putih ini dinamakan dari seorang kepala pelayan Raja Louis XIV, Louis de Bechamel. Saus ini terdiri dari tiga bahan utama yakni, tepung, butter, dan susu yang dipadukan menjadi saus krim yang kental. Saus ini cocok dihidangkan bersama dengan telur, ikan, sayuran rebus, daging, atau berbagai jenis pasta.

Veloute

Saus ini mirip dengan saus Bechamel, hanya saja perbedaannya terdapat pada kaldu yang dipakai sebagai pengganti susu. Saus ini tidak membutuhkan bumbu tambahan lain, karena penggunaan kaldu telah membuat saus ini kaya rasa. Saus ini dapat digunakan untuk hidangan ikan, sayuran rebus, pasta, dan daging.

Espagnole

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Saus ini merupakan saus yang dibuat dengan kaldu berwarna cokelat. Untuk mendapatkan kaldu berwarna cokelat, kaldu harus dimasak hingga berwarna cokelat hasil karamelisasi. Anda dapat menggoreng daging hingga menjadi cokelat karamel kemudian direbus untuk mendapatkan kaldunya. Saus ini sangat cocok untuk hidangan daging panggang atau steak.

Hollandaise

Saus ini merupakan campuran kuning telur dan lemak atau butter yang dimasak dengan api kecil hingga campuran ini mengental. Saus hollandaise dapat dituangkan di atas sayur-sayuran rebus, sosis goreng, atau telur mata sapi.

Tomato

Saus yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya tidak memerlukan teknik yang khusus dalam proses pembuatannya. Cukup menggunakan tomat mentah atau tomat rebus yang dihaluskan lalu tambahkan sedikit bumbu untuk memberikan rasa. Saus ini cocok untuk menjadi saus cocolan dim sum, ikan, atau roti. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya