Tujuh Jenis Air yang Bikin Rambut Rontok

Rambut rontok
Sumber :

VIVAlife - Rambut rontok ternyata tak hanya disebabkan penggunaan produk perawatan rambut yang salah. Seperti dilansir laman Boldsky, rambut rontok juga disebabkan air yang Anda gunakan untuk keramas.

Air mengandung klorin misalnya, sangat tidak dianjurkan untuk keramas. Sebab, air jenis ini bisa mengancam kesehatan rambut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis air yang bisa menyebabkan kerontokan rambut berikut ini.

1. Air klorin


Klorin biasanya banyak terkandung dalam air kolam renang. Mineral ini digunakan untuk menjaga air kolam renang bebas dari virus dan bakteri.  Sayangnya, klorin dalam kadar tinggi bisa berdampak buruk terhadap rambut. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk menggunakan penutup kepala saat berenang.
 
2. Air sadah

Air sadah mengandung magnesium, kalsium, silika, dan mineral terlarut dalam kadar tinggi. Kandungan tersebut bisa menyebabkan kekeringan, kerusakan, dan penipisan rambut. Silika yang terkandung dalam air sadah juga bisa menyebabkaan ketombe yang berujung pada kerontokan rambut.

3. Air garam

Air jenis ini bisa menghilangkan kelembapan pada rambut. Akibatnya rambut kering, rapuh serta rusak. Rambut juga bisa rontok secara terus-menerus sehingga terjadi kebotakan.

4. Air desanilasi

Air jenis ini biasa digunakan di negara-negara Timur Tengah untuk air minum. Meski demikian, air jenis ini ternyata tidak baik untuk rambut karena mengandung klorin dan sodium dalam kadar tinggi. Mencuci dengan air jenis ini bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kering terutama di bagian akar.

5. Air hujan


Banyak asumsi bahwa air hujan sangat baik untuk mencuci rambut. Air ini juga dikatakan sebagai soft water karena tingkat kesadahannya yang rendah. Namun, air hujan bisa berbahaya bagi rambut menyusul semakin tingginya tingkat polisi udara. Akibatnya, rambut pun menjadi kering. Selain itu, air hujan asam juga dianggap sangat berbahaya bagi rambut.

6. Air permukaan

Air permukaan yang dipompa dari danau dan sungai mengandung mineral yang lebih sedikit dan kadang telah tercemar oleh lingkungan dan polusi yang memicu perkembangan bakteri. Klorin dan kapur pun ditambahkan ke dalam air untuk membunuh bakteri. Kedua zat kimia inilah yang akhirnya mengakibatkan rambut kering dan rontok.

7. Air tanah

Air tanah berasal dari air hujan yang melewati lapisan bumi dan mengendap di bawah tanah. Mineral seperti besi dan magnesium yang banyak ditemukan dalam tanah ternyata juga bisa ditemukan di air tanah. Mineral ini tentunya menyebabkan rambut kering dan kurang berkilau.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Demi Tugas Negara, Atlet Sepakbola dan Bulutangkis Indonesia Rela Lebaran di Negeri Orang

Atlet sepakbola dan bulutangkis Indonesia berjuang di negeri orang di saat momen Lebaran 2024. Ada tugas negara yang mengharuskan mereka jauh dari keluarga.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024