Detoksifikasi Tubuh dengan 10 Cara Ini

Ilustrasi minum air putih
Sumber :

VIVAlife - Detoksifikasi artinya membersihkan darah dengan menghilangkan kotoran atau racun dari dalam hati, melalui ginjal, usus, paru-paru, getah bening, dan kulit. Studi ilmiah juga menunjukkan bahwa detoksifikasi dapat bermanfaat bagi kesehatan karena proses pembersihan ini mempengaruhi kebutuhan sel individual.

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Menurut Direktur Medis dari Klinik Helios di Victoria, Peter Bennert, pada dasarnya tubuh memiliki sistem penyembuhan alami sendiri. Dengan kata lain, tubuh mampu membersihkan organ-organnya sendiri.

Namun ketika sistem tersebut terganggu dan tubuh tak mampu melakukan detoksifikasi, akan muncul beberapa gejala. Mulai dari timbul rasa lelah yang disebabkan karena proses detoksifikasi dalam tubuh melamban, kulit iritasi, timbul alergi bahkan infeksi pada bagian kulit luar, menstruasi tak lancar, hingga mengganggu mental.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Anda bisa melakukan beberapa cara mudah untuk mendetoksifikasi tubuh. Seperti dilansir laman GaiamLife.com, berikut sepuluh cara untuk membantu tubuh Anda 'mengusir' racun dalam tubuh.

1. Konsumsi makanan berserat seperti beras merah, bit, lobak, kubis, brokoli, dan rumput laut. Ini merupakaan makanan terbaik untuk detoksifikasi.

2. Selama ini manfaat teh hijau telah dikenal luas. Minuman ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga membersihkan serta melindungi hati dari sisa-sisa racun.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

3. Mengkonsumsi vitamin C dengan rutin, dapat membantu tubuh memproduksi glutathione atau senyawa dalam hati yang mampu mengusir racun.

4. Minum air putih setidaknya dua liter setiap harinya.

5. Bernapas merupakan salah satu cara detoksifikasi paling sederhana. Oleh karena itu, tarik nafas dalam-dalam untuk menyebarkan oksigen dalam tubuh.

6. Cobalah untuk menyingkirkan tekanan atau stres, yaitu dengan mengalihkan pada emosi positif Anda.

7.  Lakukan Hidroterapi atau terapi air sebelum tidur. Caranya, berendam dengan air hangat selama lima menit. Kemudian bilas dengan air dingin selama 30 detik. Lakukan selama tiga kali untuk menghilangkan rasa nyeri.

8. Mengeluarkan racun melalui keringat dapat dilakukan dengan sauna.

9. Tak hanya dilakukan melalui tubuh saja, proses detoksifikasi dapat pula dilakukan dengan spa kaki. Dalam hal ini, racun dikeluarkan melalui pori-pori pada kaki Anda.

10. Cara terbaik untuk detoksifikasi adalah yoga. Latihan ini dapat menghilangkan racun melalui keringat, pikiran menjadi lebih tenang, sistem pernapasan lebih teratur, serta melancarkan sirkulasi darah (juga merupakan proses detoksifikasi). (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya