Zat Baru di Tubuh Raffi Belum Diatur UU Narkotika

Raffi Ahmad, presenter TV
Sumber :
  • VIVAlife

VIVAnews - Badan Narkotika Nasional menemukan adanya kandungan zat baru dalam hasil tes urine, darah dan rambut, yang dilakukan terhadap 17 orang yang diamankan polisi saat digerebek di rumah Raffi Ahmad, Minggu dini hari kemarin. Tujuh orang telah dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Menurut Kepala Humas BNN Sumirat Dwiyanto, zat baru tersebut turunan dari cathinone yang tidak terdaftar dalam UU Narkotika Nomor 35 tahun 2009. Terkait hal tersebut BNN megaku akan mengkoordinasikannya lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

"Sampai sekarang zat itu belum terdaftar di UU No. 35 tahun 2009. Kami lagi berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kemenkes dan BPOM. Jika dimungkinkan, kami juga akan berkoordinasi dengan lembaga sejenis BNN di negara-negara lain," kata Sumirat kepada VIVAnews, Selasa, 29 Januari 2013.

Sumirat menjelaskan di antara tujuh yang dinyatakan positif itu, ada yang menggunakan zat narkotika tipe baru. Dua di antaranya menggunakan ganja, dua orang memakai ekstasi, satu ganja dan ekstasi, sedangkan dua lainnya memakai hanya zat baru tersebut.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

"Yang pasti, laboratorium BNN menemukan grafik dari hasil pemeriksaan zat baru tersebut tidak sebagaimana biasanya," kata Sumirat.

Terkait tujuh orang yang telah dinyatakan positif menggunakan narkoba, BNN menyebutkan salah satu di antaranya adalah pekerja seni. "Tujuh yang positif inisialnya K, M, MF, W, J, R dan RJ," kata Sumirat.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Dari 17 orang yang ditangkap BNN, empat di antaranya adalah artis kenamaan. Mereka adalah Raffi Ahmad, Wanda Hamidah, Irwansyah, dan Zaskia Sungkar. Saat ditanya apakah yang berinisial R itu adalah Raffi, Sumirat mengangguk membenarkan.

Menurut data yang dihimpun VIVAnews, cathinone adalah zat psikotropika yang bisa diekstrak dari tumbuhan catha edulis yang banyak tumbuh di Azerbeijan. Di beberapa negara, cathinone dilegalkan. Zat tersebut bisa menimbulkan efek euforia, hilangnya nafsu makan, dan halusinasi. (kd)

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024