Tanda-tanda Tingkat Keasaman Kulit Tak Seimbang

Ilustrasi pakai krim tubuh
Sumber :

VIVAlife - Setiap harinya sebelum beraktivitas Anda selalu menggunakan pelembab. Tapi kulit tetap saja terasa kering, bahkan hingga mengelupas dan terasa perih. Jangan dulu mengira formula pelembab yang digunakan tidak bagus.

Bisa jadi memang kebiasaan dan kondisi kulit Anda  membuat formula pelembab tak mampu bekerja secara efektif. Hal yang harus diketahui kulit harus selalu dijaga tingkat keasaman atau pH-nya. Jika tubuh bekerja dalam pH yang netral yaitu 7, tapi kulit berbeda.

Memiliki lapisan pelindung ada juga sel kulit mati, asam lemak dan lipid, kulit berada dalam tingkat lebih asam, pada pH 5,5. Ketika keseimbangan terlalu netral antara 6 atau 7, pelindung kulit akan rusak sehingga alergen, polutan, dan bakteri lebih mudah masuk ke dalam kulit.

Kelembaban kulit pun jadi berkurang secara signifikan. Tapi ketika kulit pada pH yang ideal, maka sel-selnya akan bekerja optimal mempertahankan kelembaban dan melindungi dari faktor eksternal yang bisa merusak.

Lalu bagaimana mengetahui gejala kulit yang keasamannya tak seimbang? Tanda yang paling bisa dirasakan adalah ketika kulit terasa gatal, perih dan mengelupas.

"Ketika kulit dalam kondisi tak normal, maka akan berusaha menormalkannya dengan mengelupas," kata dr Sherry Ingraham, dokter kulit asal Houston, dikutip dari Prevention.

Jika kondisi kulit demikian, segera perbaiki kebiasaan Anda. Ada beberapa cara untuk mengembalikan tingkat keasaman kulit dalam kondisi normal.

1. Jangan bersihkan wajah dengan sabun

Substansi alkalin pada sabun bisa mengangkat minyak alami pada kulit, tak hanya yang berlebihan tapi juga yang berfungsi melindungi. Tingkat pH kulit pun bisa meningkatkan satu poin dan butuh waktu beberapa jam untuk kembali jadi 5,5. Sebaiknya cari pembersih wajah yang bukan sabun atau  pembersih tanpa surfaktan.

2. Bilas dengan air dingin
Kulit terasa sangat kencang setelah selesai scrubbing? Itu tanda kalau lapisan pelindung kulit ikut terangkat setelah Anda membersihkan wajah. Coba scrubbing dengan bahan lembut dan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

3. Gunakan produk dengan bahan aktif
Dianjurkan untuk menggunakan pembersih wajah dan pelembab yang formulanya terbukti mengandung bahan aktif. Bahan tersebut akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. "Bisa produk yang mengandung pomegranate, teh hijau, atau yang mengandung vitamin A," kata dr Ingraham. (umi)

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024