BNN Perpanjang Masa Penahanan Raffi dan Wanda

Raffi Ahmad, presenter TV
Sumber :
  • VIVAlife

VIVAlife - Setelah melakukan pemeriksaan selama 3 x 24 jam terhadap 17 orang yang ditangkap dalam penggerebekan di rumah Raffi Ahmad, Minggu pagi lalu, Badan Narkotika Nasional (BNN) akhirnya memulangkan tujuh orang yang dinyatakan terbukti tidak terlibat narkoba.

Dua di antaranya merupakan artis terkenal, yakni Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Sementara dua artis lain yang juga ditangkap, Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah, masih belum dibolehkan pulang. BNN bahkan memperpanjang masa penahanan mereka, 3 x 24 jam lagi.

"Selain tujuh ini, lainnya masih dalam pemeriksaan, mereka belum ditentukan statusnya dan penyidik sudah meminta perpanjangan pemeriksaan 3 x 24 jam kedua," demikian dijelaskan Kabag Humas BNN Sumirat Dwiyanto saat menggelar jumpa pers di BNN, Cawang, Jakarta, Selasa, 29 Januari 2013.

Meski berdasarkan tes urine Wanda sudah dua kali dinyatakan negatif, dia masih dibutuhkan untuk memberikan keterangan lebih lanjut dan mendalam. Sedangkan Raffi, dinyatakan positif mengkonsumsi zat narkotika jenis baru yang merupakan turunaan dari cathinone.

Hingga kini, BNN belum menetapkan status tersangka kepada siapapun, baik soal kepemilikan barang bukti, penyedia tempat, ataupun tidak melapor kepada pihak terkait meski mengetahui di rumah itu berserakan narkoba.

"Menurut undang-undang, tahu tapi tidak melapor saja sudah salah. Hukumannya bisa enam bulan," kata Sumirat.

Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Arus Balik Lebaran, Catat Tanggalnya

Meski demikian, BNN belum bisa memastikan apakah 10 orang yang masih diperiksa itu memang mengetahui ada narkoba di rumah Raffi atau tidak. Mereka juga belum bisa menetapkan keterlibatan Raffi sebagai penyedia tempat, mengingat rumahnya di Lebak Bulus jadi sasaran penggerebekan. 

Sumirat melanjutkan, BNN masih berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan dan BPOM serta ahli obat-obatan lain untuk menentukan status zat narkotika baru yang ada dalam tubuh Raffi.

Tenggat untuk melakukan koordinasi ini sama dengan batas waktu pemeriksaan BNN terhadap mantan kekasih Yuni Shara itu. "Mau tidak mau, 3 x 24 jam dari sekarang sudah harus menetapkan tersangka," ujarnya. (kd)

Ilustrasi musim hujan.

BMKG: Wilayah DKI Jakarta Bakal Diguyur Hujan Pada Jumat Siang

Data dari laman resmi BMKG menyatakan, wilayah Jakarta Pusat, Timur, Barat, Selatan, pada Jumat pagi berawan sementara Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu hujan.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024