Siasat Ngemil Agar Tetap Langsing

Keripik kentang
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Berapa banyak cokelat yang perlu Anda makan agar merasa puas? Sebuah penelitian menemukan, sebenarnya mengemil sebungkus keripik untuk memberi kepuasan yang sama halnya dengan mengkonsumsi dua bungkus keripik. 
Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Peneliti Universitas Cornell menguji tingkat kepuasan, dari aktivitas mengemil keripik kentang, coklat, dan pai apel. Dilansir ScienceDaily, selama studi peneliti melalukan pengamatannya pada dua kelompok berbeda.
Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

Satu kelompok diberikan porsi besar, yaitu 100 gram coklat, 200 gram pai apel, dan 80 gram keripik kentang setara 1.370 kalori. Kelompok lainnya diberi masing-masing 10 gram coklat, 40 gram pai apel, dan 10 gram keripik kentang dengan total 195 kalori. 
Terkuak, Ternyata Farhat Abbas yang Polisikan Pendeta Gilbert Soal Penistaan Agama

Kedua kelompok diberi waktu yang sama untuk makan sesuai kebutuhan mereka. Setelah makan, peserta mengisi survei yang menilai kesukaan dan kebosanan terhadap makanan. Mereka juga diminta menilai rasa lapar sebelum makanan disajikan dan 15 menit setelahnya.

Hasilnya sangat jelas, menunjukkan bahwa mereka yang makan dalam porsi kecil merasa puas sama seperti mereka yang makan porsi lebih besar. Peserta yang mengasup porsi besar mengkonsumsi 77 persen makanan lebih banyak. Tapi mereka tak merasa lebih kenyang atau puas dibandingkan kelompok dengan porsi yang lebih kecil.

Dari studi, ilmuwan menegaskan pentingnya ukuran porsi makanan. Porsi kecil mampu mengurangi rasa lapar dan hasrat makan, dibandingkan dengan konsumsi dalam porsi besar yang hanya akan menjadi lemak. Jadi, bila Anda ketagihan keripik kentang, ingatlah bahwa makan sebungkus kecil keripik sama memuaskannya dengan sebungkus keripik dalam ukuran besar. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya