4 Makanan Ini Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Tomat.
Sumber :
  • agricorner.com
VIVAlife
Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?
- Penyakit jantung adalah salah satu penyakit kronis yang ditakuti banyak orang. Yang mengkhawatirkan, penyakit jantung bisa menyebabkan kematian mendadak. Hal ini perlu diwaspadai karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Dirawat di HCU dan Pakai Alat Pacu Jantung

Seperti diberitakan
Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple
FitSugar, organ jantung bertanggung jawab memompa sekitar 2000 galon darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk melakukan hal tersebut, jantung harus berdetak sebanyak 100 ribu kali setiap harinya.

Sebelum jantung bekerja lebih keras, organ ini terisi penuh dengan darah. Darah ini berpindah ke paru-paru, di mana mereka menjadi kaya akan oksigen. Pembuluh darah arteri Anda mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan pembuluh nadi Anda mengalirkan darah kembali ke jantung untuk diperbaharui. Proses tersebut lah yang terus menerus berulang di dalam tubuh Anda.


Setelah mengetahui seberapa berat kerja jantung, kini, saatnya Anda bekerja maksimal untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung Anda.


Memelihara kesehatan jantung sesungguhnya bukanlah perkara yang sulit. Ada beberapa makanan yang bisa memasok nutrisi bagi jantung agar tetap sehat, di antaranya:


Salmon


Salmon mengandung omega 3 dan lemak baik yang terbukti dapat mencegah penyakit jantung. Mengkonsumsi salmon juga dapat membantu mencegah terciptanya plak di pembuluh darah arteri yang bisa merusak kesehatan jantung Anda.


Tomat

Sayuran ini adalah sumber
lycopene
alami berupa karotin yang bermanfaat mengeblok kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah arteri.


Menurut ilmu kedokteran,
lycopene
dalam tomat juga terbukti melindungi gen dari kerusakan, selain itu asam amino-nya juga membantu pembakaran lemak tubuh.


Konsumsi tomat segar ataupun olahan juga dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.


Walnut


Salah satu jenis kacang-kacangan ini tinggi akan lemak tak jenuh yang dapat membantu hati memproduksi lebih banyak kolesterol baik yang membantu kerja jantung Anda.


Dark chocolate

Dark chocolate
atau cokelat hitam menurut penelitian mengandung flavinol--salah satu unsur kimia yang terkandung dalam cokelat. Zat ini memiliki efek yang baik bagi kesehatan jantung, terutama yang dikandung dark chocolate.


Hasil penelitian para dokter juga menunjukkan, dark cokelat memiliki efek lebih kuat dengan kesehatan jantung. Menurut mereka semakin pekat cokelat yang dikonsumsi semakin baik untuk kesehatan. Ini berarti, konsumsi cokelat dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh.


Konsumsi
dark cokelat
juga dikatakan tak hanya mengurangi tekanan darah, tapi juga kolesterol. Para ahli menyarankan konsumsi rutin cokelat dalam jumlah moderat akan berdampak besar pada kesehatan jantung dan tubuh.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya