Waspada Tiga Penyakit Kulit Pada Bayi dan Anak

Bayi tengkurap
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife -
Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Gatal, perih, dan kemerahan merupakan gejala penyakit kulit yang paling mudah dirasakan dan terlihat. Bagi Anda para orangtua sebaiknya segera cari tahu jika melihat atau buah hati mengeluhkan gejala tersebut.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Jika tak segera diatasi, penyakit kulit pada anak bisa membuat mereka sulit tidur dan rewel. Dan faktanya, anak-anak memang paling rentan tertular penyakit kulit.
Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza


"Sistem kekebalan tubuh pada bayi dan anak-anak masih dalam keadaan berkembang, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap masalah kulit," ucap dr Srie Prihianti, SpKK, PhD yang ditemui di Plaza Indonesia.


Ia menjelaskan bahwa penyakit kulit dapat menyebabkan ketidaknyamanan bayi dan efeknya kualitas tidur berkurang. Sedangkan pada anak-anak dapat menyebabkan mereka kehilangan kepercayaan diri. Dokter Srie pun menyebutkan ada tiga penyakit kulit yang paling serang menyerang bayi dan anak dan harus diwaspadai.


- Eksim

Penyakit kulit ini tidak menular dan mempengaruhi sekitar sepuluh persen dari bayi. Biasanya muncul pada anak usia dini dan menghilang ketika ia mencapai usia sekitar enam tahun.


Anak-anak sering menderita eksim karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang, sehingga dapat bereaksi terhadap banyak hal. Hal ini dapat berhubungan dengan asma. Seiring pertumbuhan anak, akan hilang dengan sendirinya.


- Cradle cap

Gejala cradle cap yaitu kulit merah serta kering bersisik yang umumnya terjadi pada kulit kepala, telinga atau wajah bayi. Kondisi ini dapat dikendalikan dengan cepat dan mudah. Anda dapat mencari krim atau obat yang mengandung bahan anti-ragi seperti
piroctone olamine.

- Ruam popok

Penyakit kulit jenis ini paling sering terjadi disebabkan oleh reaksi kulit dengan popok basah atau lembab, yang juga dapat dipicu oleh masalah jamur. Untuk mencegahnya, selalu rutin mengganti popok dan menggunakan obat atau produk perawatan kulit yang dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan bersih. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya