VIVALIFE

FOTO: Jalan Layang Khusus Pesawat di Jerman

Jalan sepanjang 3,6 km ini digunakan untuk perpanjangan landasan pacu.
Jum'at, 8 Februari 2013
Oleh : Wuri Handayani
Jalan layang di Leipzig-Halle Airport, Jerman
VIVAlife - Jerman selalu menarik untuk dikunjungi. Hamburg misalnya, kota ini menjadi kota tujuan wisata yang paling diminati pelancong. Percampuran pemandangan, jajaran monumen bersejarah, dan moderenitas, merangkum semua keindahan Hamburg.

Jerman juga memiliki segudang jembatan megah yang menjadi penghubung danau-danau besar di Jerman. Selain bangunan jembatan raksasa yang menjadi obyek foto, Jerman juga memiliki jalan layang ajaib. 

Jalan layang ini berada di jalur tol Leipzig dan yang hanya dilalui pesawat. Kurangnya lahan yang dibutuhkan untuk struktur bandara modern, menjadi alasan dibangunnya jalan layang ini. 

leipzig halle jerman
leipzig halle jerman

Adalah Leipzig Halle Airport di Schkeuditz yang menggunakan jalan layang ini untuk menghubungkan landasan pacu dan terminal. Bandara ini memang tidak memiliki terminal dalam satu areal landasan pacu. Terminal dan landasan pacu dipisahkan oleh jalan tol dan jalur kereta api. Untuk itu, pengelola menggunakan jalan layang ini sebagai perpanjangan landasan.

leipzig halle jerman

Bandara ini menyedialan tiga jalur layang dengan panjang masing-masing 3,6 km. Mereka menyebutnya sebagai taxiway. Dua jalur digunakan untuk pesawat yang bersiap take off, dan satu jalur lagi digunakan untuk pesawat yang baru saja mendarat dan akan mengantar penumpang menuju terminal.  

leipzig halle jerman 

TERKAIT
TERPOPULER