Jeans Lembut Ini Dibuat dari Kayu Eucalyptus

Skinny jeans
Sumber :

VIVAlife - Nyaman, menonjolkan lekuk tubuh dan bisa dikenakan di berbagai suasana. Jeans memang jadi fashion item di segala zaman. Pengembangan pun terus dilakukan untuk menciptakan bahan jeans. Salah satunya ide seru dari Dawn Ellams, seorang mahasiswi jurusan tekstil di Inggris.

Ia mengembangkan jeans yang bahannya terbuat dari serat kayu. Siapa sangka ternyata jeans yang dihasilkan dari serat kayu tersebut menjadi celana yang super lembut. Ellams memanfaatkan bubur kayu atau pulp dari pohon eucalyptus. Material diproses jadi serat kemudian dipintal seperti benang untuk membuat celana jeans.

"Walaupun terbuat dari kayu, celana jeans ini tidak kasar sama sekali, justru sangat halus," kata dikutip dari Daily Mail.

Mahasiswi yang berkuliah di Heriot-Watt's School of Textiles ini juga mengklaim kalau jeans ciptaannya cukup ramah lingkungan. Itu karena hanya menggunakan seperlima dari energi, air dan bahan kimia yang diperlukan untuk membuat jeans biasa.

"Kayu yang telah dihancurkan teksturnya diubah menjadi seperti bubuk kopi yang kemudian berserabut putih dan dipintal menjadi benang," ujar Ellams.

Mahasiswi berusia 29 tahun itu juga mengatakan bahwa ketika ide gilanya tercetus, ia langsung mengadakan kerja sama dengan Tencel, perusahaan yang membuat serat. Itulah yang membuatnya semakin yakin kalau akan berhasil membuat celana jeans cottonless.

"Sebelum berubah menjadi celana jeans, mereka hanya terlihat seperti kain tenunan atau rajutan normal. Namun, kain ini ternyata lebih lembut dari kapas, sehingga mereka sangat nyaman saat dipakai," ucapnya.

Ia pun menjamin bahwa celana jeans ciptaannya ini aman dari serpihan kayu dan bebas gatal. Celana ini mendapatkan tampilan denim dengan metode digital printing.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Membuat satu celana jeans biasa menggunakan rata-rata 42 liter air dan juga bisa memerlukan waktu sampai 15 kali pencelupan dengan berbagai bahan pewarnaan kimia. Untuk celana jeans dari kayu ini, menurut Ellams, dapat merevolusi proses tersebut dengan menghemat penggunaan air dan secara drastis mengurangi emisi karbon.

Jins dari kayu rancangan Dawn Ellams

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024