Tips Aman Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Saat ini, memakai lensa kontak sudah menjadi gaya hidup yang populer di kalangan masyarakat perkotaan. Lensa kontak yang tadinya dipakai sebagai ganti kacamata saat ini telah berubah fungsi sebagai salah satu bentuk aksesoris mata.

Sinopsis Branding in Seongsu Episode 1: Trik Kim Ji Eun Atasi Pemagang yang Bikin Frustasi

Berbagai tampilan warna lensa kontak banyak dicari sebagai cara untuk memperindah mata. Bahkan saat ini banyak terdapat lensa kontak dengan diameter yang cukup besar dari lensa kontak biasa yang jika dipakai dapat membuat mata Anda telihat lebih besar dan indah.

Apapun tujuannya, memakai lensa kontak tetap suatu hal yang perlu diperhatikan kebersihannya. Hal tersebut dikarenakan mata adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif yang dimiliki oleh manusia. Untuk itu, simak beberapa tips memakai lensa kontak yang aman dan sehat seperti dilansir laman Fit Sugar.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

1. Selalu mencuci tangan sebelum memakai atau mengeluarkan lensa kontak Anda. Menyentuh mata dengan jari-jari tangan yang banyak mengandung kuman dapat menyebabkan infeksi mata seperti mata kemerahan dan mata berair.

2. Jika Anda menderita alergi, memakai lensa kontak dapat memperburuk gejala karena alergen seperti serbuk sari dan ketombe dapat menempel pada lensa kontak. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, lebih baik memakai kacamata.

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Meski demikian, apabila Anda memang benar-benar memilih memakai lensa kontak, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh serta mengganti lensa dengan rutin.

3. Selalu sediakan obat tetes mata dalam tas atau di meja kerja Anda terutama jika Anda bekerja di depan komputer. Hal ini untuk mencegah lensa kontak kering dan membuat Anda merasa tidak nyaman dan gatal di area mata.

Gunakan obat tetes mata sesering yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki mata berair atau gatal yang disebabkan oleh alergi, cari obat tetes mata yang mengandung antihistamin.

4. Pakai lensa kontak sesuai dengan aturan pakai. Kebanyakan lensa kotak dimaksudkan untuk dipakai selama hanya dua hingga empat pekan. Jika dipakai lebih dari itu maka, lensa kontak tersebut berisiko mengandung kotoran yang menumpuk yang dapat menyebabkan iritasi, infeksi mata, atau kerusakan permanen pada mata Anda.

5. Beri jeda untuk mata Anda berisitirahat dari lensa kontak. Mungkin memang sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut jika Anda memakai lensa kontak setiap hari, namun mata Anda membutuhkan kesempatan untuk bernapas. Anda dapat berselang-seling memakai lensa kontak dengan memakai kacamata selama beberapa jam dalam sehari sehingga oksigen dapat mencapai kornea mata Anda.

Ilustrasi penerbangan.

Israel Serang Iran, Semua Penerbangan ke Teheran Ditangguhkan

Iran mengumumkan penghentian penerbangan komersial di Teheran dan di seluruh wilayah barat dan tengahnya. Seiring ledakan tang terjadi dekat kota Isfahan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024