Bahaya Lemak Trans di Balik Kerenyahan Makanan

Ayam goreng tepung
Sumber :
VIVAlife -
Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania
Lemak trans terdapat di banyak makanan yang diolah dengan digoreng. Lemak satu ini disebut-sebut sebagai pemicu utama kolesterol tinggi tapi memang bisa membuat makanan jadi lebih renyah. Seperti, hidangan ayam goreng
cripsy
Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
di restoran cepat saji.
Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Untuk membuatnya, digunakan
shortening,
yaitu formula padat dan tebal berwarna putih. Formula tersebut dibuat dengan menambahkan hidrogen ke minyak cair untuk memadatkan pada suhu kamar.


Proses tersebut dikenal sebagai hidrogenasi. Minyak yang terhidrogenasi tersebut saat ini terkenal sebagai lemak trans yang mampu disimpan lebih lama dan membuat tekstur makanan yang dipanggang menjadi lebih renyah. Awalnya proses ini dimaksudkan sebagai pengganti
butter
yang lebih murah.


Tak heran kalau para produsen makanan sangat mengandalkan lemak trans sebagai bahan utama dalam mengolah makanan. Lemak trans lalu digunakan tak hanya untuk makanan yang digoreng tapi juga juga biskuit, makanan beku serta makanan kemasan lainnya.


Begitu juga pada restoran yang memiliki menu dengan olahan
deep-frying
. Memang, lemak trans membuat makanan jadi lebih renyah dan nikmat. Tapi fakta yang ditemukan peneliti dari Universitas Harvard pada 1994 mengungkap kalau orang yang mengkonsumsi lemak trans dalam jumlah tinggi memiliki risiko serangan jantung dua kali lebih tinggi dari mereka yang mengonsumsi sedikit lemak trans.


"Semakin kita melihat lemak trans, semakin kita melihat itu adalah racun metabolisme," kata Walter Willett, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Real Simple.


Lemak trans jika dikonsumsi secara berlebihan sangat berbahaya karena menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Demi mencegah konsumsi makanan dengan lemak trans tinggi, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat
(US Food and Drug Administration)
saat ini mengharuskan produsen makanan untuk memasukkan lemak trans pada label informasi nutrisi.


Hal ini ternyata mendorong banyak perusahaan makanan ternama, seperti Craft, Campbell, dan Wendy, untuk mengurangi atau menghilangkan lemak trans dari produk mereka. Sayangnya, banyak perusahaan yang mengganti lemak trans dengan lemak jenuh.


Hal tersebut tentu saja berbahaya karena lemak jenuh juga ternyata tidak lebih baik dari lemak trans. Untuk itu penting bagi Anda untuk membaca label makanan secara teliti sebelum membeli. Jangan sampai kadar kolesterol dalam darah jadi sangat tinggi dan Anda tak menyadarinya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya